Menkopolhukam Perintahkan Aparat Cari dan Tangkap Pelaku Karhutla

Menkopulhukam Wiranto saat memberikan keterangan kepada awak media,saat mengunjungi Kalteng Jumat (23/8/2019).

PALANGKA RAYA,  KaltengEkspres.com – Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Republik Indonesia, Wiranto memerintahkan semua jajaran aparat penegak hukum TNI dan Polri untuk mencari dan menangkap oknum pelaku pembakaran hutan dan lahan (kathutla) yang mengakibatkan kabut asap menyelimuti wilayah Provinsi Kalteng khususnya Kota Palangka Raya.

Hal ini ditegaskan Wiranto saat meninjau lokasi kebakaran di lingkar dalam jalan Sukarno Palangka Raya usai mengikuti Rapat Terpadu Pengendalian dan Penanganan Kebakaran Hutan dan Lahan di Provinsi Kalteng, Jumat (23/8/2019)

Kedatangan rombongan Kapolri,  Panglima TNI,  Menteri LHK dan Mekopulolhulam ini disambut oleh Gubernur Kalteng, Sugianto Sabran didampingi Kapolda Kalteng, Irjen Pol Ilham Salahudin, Sekda Faharizal Fitri dan para Bupati/Walikota se Kalteng serta pejabat lainya.

Kunjungan para pejabat Negara ini dalam rangka menyikapi kondisi kabut asap akibat musim kemarau serta kebakaran hutan dan lahan di wilayah Kalteng, khususnya Kota Palangka Raya.

Menkopolhukam, Wiranto menegaskan, segara cari dan tangkap siapa pelaku pembakaran hutan dan lahan yang tidak bertanggung jawab tersebut, melihat lokasi kebakaran ini sangat dekat pemukiman warga, perkantoran.

“Nantinya akan kita lakukan operasi khusus menangkap orang seperti itu,  karena pembakaran hutan dan lahan saat musim kemarau, merupakan perbuatan kejahatan yang harus ditangani. Karena lahan bergambut ini bukan terbakar, tapi dibakar,” tegas Wiranto.

Ia juga berterimakasih kepada aparat penegak hukum di provinsi Kalteng baik itu TNI maupun Polri, satgas pemadam kebakaran dan semua pihak yang sudah bekerja keras memadamkan api sehingga dampaknya tidak meluas.

Sementara itu Gubernur Kalteng Sugianto Sabran menyambut baik kunjungan rombongan pejabat tinggi RI ini. Ia berharap, dengan adanya kunjungan ini bisa mengetahui kondisi di lapangan terkait penanggulangan karhutla di wilayah Kalteng. (ed/adv)