Home / Kobar

Kamis, 22 Agustus 2019 - 19:35 WIB

Loka POM Imbau Penggunaan Kayu Bajakah Tak Berlebihan

Loka POM Pangkalan Bun Kodon Tarigan saat memberikan keterangan kepada awak media, Kamis (22/8/2019).

Loka POM Pangkalan Bun Kodon Tarigan saat memberikan keterangan kepada awak media, Kamis (22/8/2019).

PANGKALAN BUN, KaltengEkspres.com РKepala Loka POM Pangkalan Bun Kodon Tarigan mengimbau agar penggunaan kayu bajakah yang belakangan viral dan senter dibicarakan tidak berlebihan.  Pasalnya, temuan akar kayu khas Kalimantan ini masih belum masuk uji klinis.

“Walau belum masuk tahapan uji klinis, ternyata ada stasiun TV yang membuat pemberitaan mendalam mengenai hal itu. Akhirnya berita itu booming dan menimbulkan efek domino yaitu banyaknya orang yang memburu bajakah di hutan,” ujar Kodon kepada awak media, Kamis (22/8/2019).

Baca Juga :  Ratusan Massa Demo Kantor PN Pangkalan Bun

Untuk itu lanjut dia, pemanfaatan kayu ini tak perlu berlebihan, agar tidak merusak habitat tanaman tersebut di alam liar Kalteng. Lantaran dengan penjualannya yang booming saat ini berpotensi menimbulkan efek samping tersendiri bagi pemakainya.

“Yang perlu dipahami juga, bahwa akar kayu ini banyak jenisnya, tersebar di hutan Kalimantan. Kemudian bila tidak tahu jenis apa yang memiliki khaisat penyembuh kanker, bisa saja pembeli Bajakah malah mendapatkan akar yang mengandung racun. Apa malah tidak semakin menimbulkan bahaya bagi masyarakat,” papar Kodon.

Baca Juga :  Diduga Depresi, Kakek Saimin Nekat Gantung Diri

Menurut Kodon, instruksi dari Pemprov Kalteng yang melarang penjualan dan pengiriman Bajakah keluar daerah dianggapnya sudah tepat. Karena saat ini memang masih dilakukan pengembangan penelitian mengenai khasiat Bajakah.  Sehingga bila nanti sudah bisa didapatkan hasil penelitian dan uji klinisnya, tentunya nanti bisa dikembangkan sebagai produk janu atau obat lokal. (yus

Share :

Baca Juga

Kobar

13 Hari Operasi Telabang Sasar Pelanggar Lalin

Kobar

Jelang Natal, Tim Rajawali Patroli Pengamanan Sejumlah Gereja

Kobar

Karang Taruna Gelar Aksi Sosial Galang Dana

Kobar

ASN dan Pelajar Terjaring Razia Operasi Patuh Telabang

Kobar

Ditinggal Kosong, Rumah Tukang Pijat Terbakar

Kobar

Dalam Sehari, Tiga Pengedar Sabu Digaruk Polisi

Kobar

Bambang Purwanto Sebut Tim Dokter dan Perawat Pahlawan Bangsa

Kobar

Dua Kelurahan Dipilih Jadi Tempat MSP
error: Content is protected !!