Ketua TP-PKK Kalteng Tekankan Stunting Harus Segera Diatasi

Ketua TP-PKK Kalteng Yulistra Ivo Sugianto Sabran saat menyampaikan sambutannya, ketika membuka Jambore Kader PKK Kalteng, Rabu (28/8).

PALANGKA RAYA, KaltengEkspres.com – Ketua Pembina TP-PKK Provinsi Kalimantan Tengah, Yulistra Ivo Azhari Sugianto Sabran menekankan bahwa penyakit Stunting perlu diatasi sesegera mungkin. Mengingat saat ini,  statunting ini merupakan masalah yang sangat meresahkan di Indonesia.

“Kalteng merupakan Provinsi dengan angka tertinggi ke 5 di Indonesia menurut hasil Riset Kesehatan Dasar tahun 2018 dan berdasarkan hasil Riskesdas tahun 2013 Kalimantan Tengah berada pada angka 41,3 % dan 34,04 % pada tahun 2018. Kendati demikian masih berada diatas angka nasional yakni 30,8 %. Hal ini menunjukan bahwa masalah stunting perlu ditangani sesegera mungkin dengan intervensi dan kolaborasi bersama lintas sektor,”ungkap Ivo pada acara Jambore Kader PKK dilaksanakan di Halaman Kantor Gubernur Kalteng Rabu (28/8/2019).

Oleh karenanya, lanjut Ivo, sebagaimana tema Jambore kali ini yaitu “Pencegahan  Dan Penanggulangan Stunting  Melalui Pemberdayaan Keluarga” yang merupakan salah satu program prioritas TP PKK secara Nasional.

“Maka dalam kesempatan ini, saya sampaikan bahwa TP PKK se – Kalimantan Tengah berkomitmen untuk bersama-sama dengan Pemerintah ikut serta dalam upaya-upaya dalam rangka pencegahan dan penanggulangan stunting khususnya di Kalimantan Tengah”, imbuhnya.

Terkait dengan penanganan permasalahan tersebut, kata dia,  maka peran kelompok Dasawisma yang merupakan kelompok terkecil dalam gerakan PKK sangatlah penting karena pada kelompok Dasawisma inilah munculnya kesiap siagaan dan kewaspadaan dini di masyarakat terhadap masalah dan kemungkinan munculnya penyakit yang mengancam dan merugikan masyarakat. (ed/adv)