Ketua TP-PKK Kalteng Ajak Masyarakat Cintai Panganan Lokal

PALANGKA RAYA, KaltengEkspres.com – Dekranasda bekerjasama dengan Dinas Ketahanan Pangan dan WWF Indonesia menyerukan dan menimbau kepada masyarakat luas tentang pentingnya menjaga ketahanan pangan.

Untuk itu, Tim Penggerak PKK Kalteng mengajak semua masyarakat untuk mencintai panganan lokal khas Dayak Kalimantan Tengah. Mengingat potensi sumber daya alam lokal yang menghasilkan berbagai macam makanan sangat banyak dan melimpah.

“Inilah yang perlu dijaga dan dilestarikan bahkan dikembangkan menjadi kearifan lokal,”ungkap Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Kalteng, Yulistra Ivo Azhari Sugianto Sabran pada acara Workshop Ketahanan Pangan Dalam Rangka Festival Pangan Lokal di halaman kantor Dekranasda, Jumat (30/8/2019).

Dikatakan Ivo, sebenarnya panganan lokal khas Kalimantan Tengah ini memiliki potensi besar untuk dikembangkan dan menjadi daya tarik untuk para tamu maupun wisatawan yang datang ke Kalteng.

Dirinya berharap, panganan lokal ini juga disajikan ada acara-acara atau kegiatan di lingkungan pemerintahan sekaligus memperkenalkan makanan khas Dayak Kalimantan Tengah kepada pada tamu dan undangan yang berkunjung ke Kalteng.

“Bahkan, bahan panganan atau rempah-rempahnya juga banyak ditemukan di tumbuhan alam sekitar Kalteng, ini membuktikan potensi sumber daya alam di Kalteng ini sangat melimpah yang sangat sehat tanpa bahan kimia”, ujarnya. (ed/adv)