Kesbangpol Kalteng Bakal Pantau Pelaksanaan Pilgub 2020

PALANGKA RAYA, KaltengEkspres.com – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Kalimantan Tengah akan ikut berpartisipasi dan memantau secara langsung pelaksanaan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Kalteng 2020 mendatang.

Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Kalteng Agus Pramono mengatakan, pihaknya akan ikut memantau dan memonitor pelaksanaan Pilgub mendatang,  dan lebih cermat lagi dalam pelaksanaan di lapangan.

“Jangan sampai ada surat suara yang tertukar atau kotak suara yang tertukar, atau pun tidak memahami tugas dan fungsi KPPS,  termasuk pemilih pindahan dari luar kota Palangka Raya”, katanya kepada wartawan Sabtu (3/8/2019).

Menurutnya,  sejauh ini mulai dari prencanaan hingga tahapan Pemilu,  pihak KPU selalu intensif berkoordinasi dengan Kesbangpol. Terkait anggaran Pilgub yang diusulkan sebesar Rp 356 Miliar, namun diverifikasi oleh KPU sendiri.

Pihaknya juga minta supaya angka yang dianggarkan tersebut disinkronkan dengan anggaran kabupaten/kota, dan KPU kabupaten/kota  bersama KPU Kalteng. Bahkan KPU Kalteng harus ikut menghitung anggran kebutuhan untuk Pilgub dan Pilkada di Kotim karena harus dihitung secara cermat agar tidak salah perhitungan. (ed/adv)