Kejar APE, Kabupaten/Kota Diminta Lakukan Terobosan

PALANGKA RAYA, KaltengEkspres.com – Seluruh kabupaten/kota se Kalteng diminta melakukan terobosan untuk mencapai level penghargaan Anugerah Prahita Ekapraya( APE) yang penilaiannya dimulai tahun 2020. Bahkan, di akhir tahun 2018 lalu, Gubernur Kalteng telah menerima penghargaan ini, naik 1 level dibanding capaian tahun sebelumnya.

“Saya ucapkan selamat kepada kita semua atas capaian yang diberikan bahwa Pemerintah Provinsi pada jalur yang tepat dalam strategi peningkatanĀ  program-program PUG”, ujar Sekda Provinsi Kalteng Fahrizal Fitri saat membuka kegiatan Rapat Kelompok Kerja PUG (Pengurusutamaan Gender) dan Bimtek Uji Coba Pelatihan PPRG (Perencanaan dan Penganggran Responsif Gender untuk Pencegahan Stunting tingkat Provinsi Kalteng, Selasa (27/8/2019).

Dikatakannya, keterwakilan perempuan yang telah mencapai 35 persen untuk DPRD Provinsi Kalteng periode 2019-2024 juga menunjukan kinerja pisitif dalam program-program yang telah dijalankan, baik dengan dukungan pembiayaan dari Kementerian PPPA maupun dari APBD.

Meski demikian, lanjut Sekda dirinya mendapat laporan bahwa belum ada satupun kabupaten/kota yang memenuhi kriteria APE di atas.

“Untuk itu, saya menyampaikan petunjuk strategis agar seluruh kabupaten/kota se Kalteng melakukan terobosan untuk mencapai level penghargaan APE yang penilaiannya akan dimulai tahun 2020 mendatang”, harapnya. (ed/adv)