Karhutla di Kobar Mulai Merambah Kawasan TNTP

Helikopter saat melakukan pemadaman api dari udara di kawasan TNTP yang terbakar Jumat (24/8/2019).

PANGKALAN  BUN, KaltengEkspres.com – Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di wilayah Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), meluas hingga merambah kawasan Taman Nasional Tanjung Puting (TNTP) tepatnya disekitar  Desa Sungai Cabang Kecamatan Kumai, Jumat (23/8/2019).  Peristiwa ini mengakibatkan kehidupan habitat asli Orangutan yang berada di daerah setempat terancam.

Kepala Balai TNTP Helmi ketika dikonfirmasi membenarkan adanya peristiwa kebakaran tersebut. Menurut dia, saat ini tim pemadam masih melakukan pemadaman api menggunakan helikopter waterbombing di lokasi untuk melakukan pemadaman dari udara.

“Satu helikopter sudah diterjunkan saat ini melakukan pemadaman api dari udara. Kondisi api masih saat terakhir kita pantau Jumat (23/8) masih ada dibeberapa titik,”ungkapnya.

Sementara itu, Kasi Pencegahan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kobar Pahrul Laji mengatakan, kebakaran di TNTP sudah berusaha ditangani tim satuan tugas (satgas) gabungan. Namun upaya terkendala, karena sulitnya akses menunju ke lokasi hingga menyulitkan Tim Satgas Karhutla Kobar untuk melakukan pemadaman.

“Kebakaran hutan dikawasan TNTP ini terjadi sejak Jumat (23/8) siang. Tim sudah bergerak melakukan upaya pemadaman, namun karena sulitnya akses masuk ke dalam hutan mengangkut air mengakibatkan upaya pemadaman tidak berjalan lancar,”paparnya. (yus)