Kabupaten/Kota Diminta Rutin Selenggarakan Lomba Cipta Menu

PALANGKA RAYA, KaltengEkspres.com – Salah satu kegiatan penguatan pangan lokal adalah dengan penyelenggaraan Lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) Pangan Lokal. Karena itu Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) mengharapkan kepada Kabupaten/Kota agar setiap tahunnya dapat menyelenggarakan Lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) Berbasis Sumber Daya Lokal mulai dari lomba di Tingkat Kabupaten/Kota, Provinsi sampai dengan Tingkat Nasional.

Hal ini disampaikan Gubernur Kalteng, Sugianto Sabran dalam sambutannya yang dibacakan Sekda Provinsi Kalteng, Fahrizal Fitri pada acara Puncak Peringatan Hari Pangan Sedunia Ke-39 dan Lomba Cipta Menu serta Launching Toko Tani Indonesia Centre (TTIC) Tingkat Kalteng di gedung Dekranasda Provinsi Kalteng, Sabtu (31/8/2019).

Dikatakan Sekda, tujuan lomba ini untuk mendorong penerapan konsumsi pangan beragam seimbang dan aman dengan memanfaatkan olahan pangan lokal, serta mendorong olahan pangan lokal yang bernilai komersial.

Disamping itu untuk memotivasi masyarakat agar mau mengkonsumsi makanan yang beragam, bergizi seimbang dan aman (B2SA) berbasis sumber daya lokal sesuai dengan salah satu program yaitu menciptakan SDM Kalteng yang sehat dan cerdas melalui penerapan konsumsi pangan lokal dan salah satu upaya pencegahan dan penanggulangan masalah stunting, karena ini menyangkut masa depan generasi bangsa agar terhindar dari beban ganda malnutrisi.

Menurutnya, setiap unit kerja yang terkait dengan ketahanan pangan dan kelompok masyarakat, perlu melakukan sosialisasi maupun gerakan secara terus-menerus untuk dapat meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan, serta mengubah pola konsumsi pangan masyarakat untuk mengkonsumsi pangan B2SA menuju terwujudnya “Kalteng Berkah”.

“Sasaran terutama sosialisasi ini adalah bagi anggota keluarga yang merupakan individu-individu yang menentukan dalam pemilihan menu dan konsumsi makanan sehari-hari,” tandasnya. (ed/adv)