Jadi Peserta JKN-KIS, Sukardi Merasa Tenang Saat Berobat

PALANGKA RAYA, KaltengEkspres.com  – Sukardi (40) merupakan peserta program Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) dari segmen peserta Pekerja Penerima Upah (PPU). Pria yang sehari-harinya bekerja sebagai sopir ini mengaku sudah cukup lama menjadi peserta JKN-KIS.

Karena resiko pekerjaan yang tergolong besar, pihak perusahaan tempat Sukardi bekerja pun menyadari pentingnya untuk melindungi karyawannya agar mempunyai perlindungan jaminan kesehatan.

Kepada awak media, Rabu (26/06), Sukardi menceritakan tentang pengalaman saat ia menggunakan kartu kepesertaannya dalam program JKN-KIS untuk berobat.

Ia pun merasa terbantu dengan program yang telah ia ikuti dari perusahaan tempat ia bekerja itu untuk pembiayaan pelayanan kesehatan pada saat berobat. Dari situlah ia baru mengerti pentingnya untuk mempunyai sebuah jaminan kesehatan.

“Saya baru mengerti ternyata penting untuk punya jaminan kesehatan ini. Memang baru terasa manfaatnya pas kita sakit. Dari awal terdaftar di program JKN-KIS, saya tidak pernah berurusan dengan pelayanan kesehatan, Alhamdulillah diberi sehat terus.,”ungkap Sukardi.

Sukardi menuturkan, ia baru tahu penting jadi peserta JKN-KIS ini berawal, saat menderita sakit demam dan kebetulan sedang berada jauh dari rumah. Saat itu dirinya hanya bisa berobat ke rumah sakit karena hanya itu yang terdekat dan ia tahu

“Untung pas ke UGD, petugas langsung tanya, ada kartu JKN-KIS atau nggak, dari situ langsung saya tunjukan kartu yang saya punya dan dilayani dengan baik,” kata Sukardi.

Menurut Sukardi, dengan adanya program JKN-KIS yang sudah menjadi milik para pekerja, mereka tidak perlu lagi khawatir dengan biaya pengobatan yang harus dikeluarkan ketika sewaktu-waktu jatuh sakit.

“Kebetulan pas kemarin sakit itu saya Cuma bawa uang untuk cukup buat pulang aja. Dan untungnya dengan kepesertaan di program JKN-KIS ini pas berobat tidak ada biaya lagi yang harus saya keluarkan dari kantong. Semuanya telah dijamin oleh JKN-KIS dan sangat bermanfaat sekali bagi peserta program JKN-KIS ini. Karena itu program ini penting untuk diikuti oleh semua masyarakat agar tidak kesusahan dan kebingungan pada saat jatuh sakit nanti. Karena hadirnya JKN-KIS bikin kita jadi tenang,” jelas Sukardi. (adv)

Baca Juga :  Puluhan Rumah di Jalan Riau Berkobar