DKP Mura Gelar Rakor Pemanfaatan Lahan Pekarangan

DKP Mura bersama sejumlah instansi terkait saat menggelar rakor pemanfaatan lahan pekarangan Selasa (27/8).

PURUK CAHU, KaltengEkspres.comGuna mengoptimalisasi pemanfaatan lahan pekarangan, Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Murung Raya menggelar rapat koordinasi dengan sejumlah instansi terkait, seperti Distanik, Diskominfo SP, BPMD, Dinsos, Dinkes, dan sejumlah Camat. Kegiatan ini dilaksanakan di Aula DKP Mura, Selasa (27/8).

“Saat ini masyarakat belum secara optimal memanfaatkan lahan pekarangannya untuk kegiatan yang bernilai ekonomis. Mereka hanya sekedar memanfaatkan untuk keperluan keluarga. Karena itu perlu kerjasama kita dalam memberdayakan masyarakat agar bisa memanfaatkan lahan pekarannya,” kata Kepala DKP Mura Ferdinand dalam sambutannya.

Sementara itu kepala BPMD Mura Sarwo mengatakan,  untuk menggerakan masyarakat agar bisa memanfaatkan lahan pekarangannya ini, perlu direalisasikan target Rumah Pangan Lestari 2020 (RPL) guna mendukung pencegahan stunting dan peningkatan SDM, ekonomi masyarakat, bisa sinergikan juga dengan gerbang desa, program percepatan dan dana desa.

Lain halnya dengan Kadiskominfo MuraBimo Santoso. Menurutnya, kalau seluruh masyarakat  mampu melakukan kegiatan PLP pasti memiliki kontribusi positif bagi keluarga dan masyarakat. “Diskominfo SP siap memberikan informasi yang baik jelas murah dan kontinyu terkait program ini melalui media yang kita punyai kepada masyarakat,” ucapnya. (an/hm)