Diskanla Imbau Nelayan Tak Gunakan Alat Tangkap Berbahaya

PANGKALAN BUN, KaltengEkspres.com – Dinas Perikanan dan Kelautan (Diskanla) Kotawaringin Barat mengimbau nelayan agar bijak dalam mencari ikan dengan tidak menggunakan alat tangkap berbahaya seperti setrum ikan dan juga putas serta jaring yang dilarang.

Kepala Dinas Perikanan dan kelautan Kobar Rusliansyah melalui Sekretaris Hepy Kamis  mengatakan, mencari ikan harus dengan menggunakan peralatan yang ramah lingkungan, tidak merusak dan berimbas langsung terhadap ekosistem yang ada.

“Illegal fishing berbahaya bagi ekosistem termasuk juga ke perkembangbiakan ikan di alam, pihaknya selalu berkordinasi dan melakukan sosialisasi kepada masyarakat luas,” kata Hepy kepada awak media, Rabu (21/8/2019).

Sejauh ini lanjut dia, pihaknya telah melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait bahaya illegal fishing dan dampaknya terhadap lingkungan. Yakni sedang mencoba meningkatkan pengawasan, termasuk juga sanksi yang diterapkan.

Hepy mengakui saat ini untuk pengawasan menemui kendala minimnya anggaran. Anggaran yang dimiliki tidak sebanding dengan banyaknya sungai dan luasnya lautan yang ada di Kobar. (yus)