Dinkes Sebut Katingan Masih Aman dari Karhutla

Sekretaris Dinkes Katingan Dr. Parluhutan Siahaan

KASONGAN, KaltengEkspres.com –Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Katingan menyebut, Kabupaten Katingan saat ini masih aman dari bahaya kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Kendati demikian, pihaknya tetap menyiapkan sedini mungkin obat-obatan untuk mengantisipasi jika terjadi kebakaran besar sehingga mengakibatkan masyarakat terkena penyakit ISPA.

Sekretaris Dinas Kesehatan Katingan Dr. Parluhutan Siahaan menjelaskan, bahwa di wilayah Katingan saat ini dampak dari karhutla belum signifikan. Kendati demikian, pihaknya secara dini telah menyiapkan obat-obatan serta masker yang akan dibagikan kepada masyarakat jika kabut asap mulai pekat.

“Obat-obatan sudah kita siapkan, dan sudah dibagikan di puskesmas-puskesmas dikatingan. Bahkan sekitar 10 ribu masker sudah disiapkan, pada intinya kami dari dinkes sudah siaga,” ungkapnya Rabu di Aula Bappelitbang (7/8/2019).

Parluhutan menjelaskan, bahwa kejadian karhutla saat ini tak terjadi di Katingan karena kinerja pemerintah daerah bersama TNI – Polri yang selalu siap siaga melakukan patroli.

“Semua nya ini tidak lepas dari kinerja semua kalangan, dimana kita ketahui saat ini di wilayah katingan pemerintah berserta TNI – Polri selalu melakukan patrol baik itu siang maupun malam untuk memantu titik api,”ujarnya. (ejk)