Dewan Sayangkan Sikap Pemalas Sejumlah Kepala SOPD

Ketua DPRD Kobar Triyanto saat memberikan keterangan kepada awak media, Jumat (2/8/2019).

PANGKALAN BUN, KaltengEkspres.com  – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kobar Triyanto menyayangkan sikap pemalas sejumlah kepala satuan organisasi perangkat daerah (SOPD)  yang tak hadir pada Rapat Paripurna di DPRD Kobar sehari yang lalu. Padahal, kehadiran para kepala dinas atau badan sangat diperlukan untuk membahas berbagai persoalan yang dihadapi saat ini.

“Kita menyayangkan masih ada sebagian kecil pejabat yang justru menganggap remeh dan tidak mementingkan rapat bersama dewan. Padahal rapat yang selama ini dilakukan DPRD berkaitan masalah anggaran yang nantinya untuk kepentingan masyarakat, tetapi terkesan diabaikan,”ungkap Triyanto kepada awak media, Jumat (2/8/2019).

Menurutnya, sikap seperti itu hendaknya bisa diubah, karena akan sangat mengganggu pengambilan kebijakan yang seharusnya bisa dilakukan dalam satu hari, malah bisa molor, disebabkan  ketidak hadirnya beberapa kepala dinas.

“Rapat paripurna sangatlah penting, kalau hanya beralasan sibuk semua juga sibuk, seharusnya bisa dipilah dan lebih diutamakan kepentingan umum bukan kepentingan pribadi. Kami sayangkan sikap yang dilakukan oleh beberapa kepala dinas yang enggan hadir rapat bersama, memang tidak semua kepala dinas bersikap seperti itu tetapi kebanyakan,”ujar Triyanto.

Ia menambahkan, permasalahan ini sudah diberbicarakan dengan  bupati dan wakil bupati untuk bisa menindak oknum kepala dinas atau badan yang malas tidak ikut rapat bersama dewan.

“Kalau sampai dibiarkan justru mereka akan seenaknya, padahal ada beberapa agenda atau rapat yang melibatkan kepala dinas sangatlah penting,” tandasnya. (yus)