Dewan Sarankan Tetap Waspada Karhutla

Anggota Komisi A DPRD Palangka Raya, Anna Agustina Elsye

PALANGKA RAYA, KaltengEkspres.com – Meski kondisi cuaca beberapa hari terakhir ini mengalami hujan dalam intensitas sedang/lebat, sehingga berdampak hilangnya kabut asap, tetap harus diwaspadai terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Anggota DPRD Palangka Raya, Anna Agustina Elsye mengajak Pemerintah Kota untuk selalu berkoordinas dengan stakeholder, terutama dalam hal pencegahan kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Upaya koordinasi  tetap harus terus dimaksimalkan seiring hilangnya kabut asap pasca turunnya  hujan deras yang membasahi wilayah Kota Palangka Raya.

“Kita merasa sangat bersyukur, karena hujan deras  beberapa waktu lalu membuat kabut asap menjadi hilang. Namun begitu kesiap-siagaan harus terus dilakukan, agar jangan muncul titik api yang bisa menimbulkan karhutla,” kata Anna, Jumat (23/8/2019).

Anna mengungkapkan, selama musim kemarau yang cukup panjang terjadi, tidak sedikitpun terjadinya hujan dengan intensitas deras. Karenanya, berkat hujan yang mengguyur kota Palangka Raya beberapa waktu lalu  tentu bisa mengurangi kabut asap yang menyelimuti wajah perkotaan.

Dengan kondisi kabut asap yang berkurang ini, tentu memberikan angin segar bagi pemerintah kota dalam melakukan pencegahannya. Sebab, kendala sumber mata air yang dibutuhkan tim satgas sudah diperoleh melalui derasnya hujan yang mengguyur wilayah Kota Palangka Raya.

Namun terlepas dari itu, lanjutnya, pihak pemerintah kota melalui tim satgas karhutla untuk tetap waspada dan siaga dalam meminimalisir kemunculan titik api yang bisa saja menghanguskan dan menyebabkan kembali karhutla. Meskipun terjadi hujan juga bukan jaminan untuk lengah terhadap karhutla tersebut.

Anna juga berharap  besar kepada masyarakat untuk bekerjasama  dengan pemerintah dalam hal penanggulangan karhutla. (ed)