Dewan Minta Sosialisasi Bahaya Karhutla Digencarkan

Anggota DPRD Mura Maria Hetty

PURUK CAHU, KaltengEkspres.com Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Murung Raya (Mura), meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mura gencar melakukan sosialisasi terkait bahaya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) kepada masyarakat disejumlah kecamatan. Hal ini guna mencegah agar karhutla di Kabupaten Mura  bisa diantisipasi sejak dini.

“Pemkab harus giat melakukan sosialisasi ke masyarakat, mengingat saat ini sudah musim kemarau. Sosialisasi ini tidak hanya memberikan imbauan larangan melainkan juga mengajak masyarakat untuk bersama-sama melakukan penanggulangan,”ungkap Anggota DPRD Mura  Maria Hetty Selasa (6/8/2019).

Menurutnya, ajakan terhadap masyarakat turut melakukan penanggulangan sejak dini ini perlu dilakukan karena peristiwa karhutla biasanya terjadi di areal lahan milik masyarakat sendiri. Untuk itu lah, kata dia, perlu diberikan pemahaman dan pengertian kepada masyarakat agar turut serta terlibat. Mengingat bahaya karhutla ini merugikan semua pihak.

“Unsur terkait harus turun melakukan sosialisasi. Supaya masyarakat bisa paham,”ujarnya.

Karena lanjut dia, untuk mencegah karhutla ini tidak cukup hanya mengandalkan peran pemerintahan melainkan perlu dukungan semua pihak termasuk masyarakat. (an/hm)