Dewan Kota Dorong Pemko Tata Birokrasi

PALANGKA RAYA, KaltengEkspres.comPemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya saat ini membuka seleksi jabatan bagi sejumlah pejabat pegawai pemerintah. Termasuk sejumlah posisi jabatan bagi eselon II. Dewan turut mendorong pemerintah kota setempat harus mampu menata birokrasi menjadi lebih baik.

“Untuk mendapatkan birokrasi yang baik, maka harus dimulai dari prose lelang jabatan bagi pejabat pemerintah secara kompetensi,” kata anggota DPRD Palangka Raya, Beta Syailendra, Rabu (28/8/2019).

Ia mengatakan, semuanya bertujuan untuk menata birokrasi yang lebih baik lagi ke depan, maka diperlukan seleksi jabatan secara kompetensi.

Politikus PAN ini menekankan, bahwa pada sisi lain pemerintah kota  dituntut tetap memperhatikan sejumlah prosedur atau ketentuan yang berlaku dalam mengatur proses seleksi jabatan kepada sejumlah penjabat pemerintah.

Khususnya bagi sejumlah penjabat eselon II, dimana seleksi jabatan ini tetap menggunakan prinsip kompetensi dan kapasitas seorang aparatur dalam mengatur jalannya sebuah birokrasi yang baik.

“Dengan prinsip ini, maka harapan yang ingin dicapai dalam mencetak karakteristik birokrasi yang bertanggung jawab lebih bisa dilakukan,” ucap Beta.

Menurutnya, melalui proses seleksi jabatan  yang kompetensi sangat memberikan kesempatan kepada sejumlah aparatur untuk mengembangkan kinerja dan kapasitasnya. Mulai dari segi kepimpinan maupun karakter pejabat pemerintah dalam memegang peran dan tugasnya.

“Dengan demikian, setiap pejabat pemerintah eselon II yang menduduki sejumlah jabatan yang diseleksi ini, bisa menjadi corong pemerintah kota Palangka Raya,” bebernya.

Beta menambahkan, terkait seleksi jabatan bagi sejumlah pejabat pegawai pemerintah kota Palangka Raya ini, maka pihaknya tetap memperhatikan proses seleksi jabatan ini kedepannya, guna menciptakan relasi yang seimbang dengan berjalannya program OPD itu sendiri. (ed)