Dalam Tiga Tahun, APBD Kalteng Terus Melejit

Gubernur Kalteng Sugianto Sabran saat memberikan keterangan kepada awak media.

PALANGKA RAYA, KaltengEkspres.com – Sejalan dengan perkembangan APBD Kalimantan Tengah dalam 3 tahun terakhir mengalami peningkatan sejak tahun 2016 hingga 2018.Ini dibuktikan, pada tahun anggaran 2016, pendapatan ditargetkan sebesar sebesar Rp3,427 triliun lebih, dan dapat direalisasikan Rp3,548 triliun rupiah atau 103,54 %, dengan tingkat pertumbuhan 9,09 % dari tahun 2015.

“Pada tahun anggaran 2017, pendapatan ditargetkan sebesar sebesar Rp4,086 triliun lebih, dan dapat direalisasikan Rp. 4,099 triliun  lebih atau 101,31% dengan tingkat pertumbuhan 15,53 % dari tahun 2016,”ungkap Gubernur Kalteng Sugianto Sabran melalui Sekda Kalteng, Fahrizal Fitri saat melepas atlet Pra PON di halaman Kantor Gubernur baru-baru ini.

Kemudian lanjut dia, pada tahun anggaran 2018, pendapatan ditargetkan sebesar sebesar Rp4,412 triliun lebih, dan dapat direalisasikan Rp4,625 triliun  lebih atau 22,06 % dari tahun 2017.

“Adanya peningkatan pendapatan yang kita capai bersama selama ini, diharapkan dapat meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat di segala aspek. Oleh karena itu, saya mengajak kepada seluruh bupati/walikota se-Kalteng agar selalu bersinergi dengan Pemerintah Provinsi, terutama yang menyangkut dengan perencanaan dan penyusunan program pembangunan yang terkontrol secara transparan oleh masyarakat luas termasuk penyerapan anggarannya”, tuturnya.

Fahrizal Fitri menambahkan, dalam merealisasikan penyerapan anggaran setiap tahunnya Pemprov Kalteng berorientasi pada manfaat dari anggaran itu sendiri, karena itu penyerapan belanja pembangunan menjadi prioritas utama. Hal ini sudah tercermin pada pelaksanaan Rapat Evaluasi TEPRA dalam Rakordal setiap triwulan.

“Kita tidak perlu berbangga hati terhadap perolehan peringkat yang sudah dicapai, tetapi justru kita harus leblh bekerja keras untuk melaksanakan kegiatan yang telah direncanakan, sehingga tujuan akhirnya adalah peningkatan kesejahteraan rakyat,” tegasnya. (ed/adv)