Bupati Imbau Camat dan Lurah Waspada Karhutla

Bupati Kobar Hj Nurhidayah saat mengecek alat pemadam kebakaran saat menghadiri apel siaga belum lama ini.

PANGKALAN BUN, KaltengEkspres.com – Bupati Kotawaringin Barat (Kobar) Hj Nurhidayah mengimbau seluruh camat dan lurah serta kades se-Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) agar mewaspadai kejadian kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di wilayahnya masing-masing.

“Camat dan lurah serta kades agar tidak lengah saat musim kemarau. Musibah kebakaran lahan sangat rawan terjadi, saat ini sudah ada beberapa lokasi yang terbakar,”ungkap Bupati kepada awak media Rabu (7/8/2019).

Bupati menegaskan, camat dan lurah serta perangkat yang lainya, agar selalu berkoordinasi dengan kepala desa di daerah masing-masing. Sehingga, jika memang terjadi karhutla bisa segera ditangani. Sebelum kebakaran semakin meluas sehingga sulit dipadamkan.

” Yang jelas mencegah itu lebih penting, jangan sampai api sudah besar dan meluas baru dipadamkan. Itu malah susah nantinya, makanya peran serta masyarakat perlu dilibatkan “, kata Nurhidayah

Nurhidayah juga mengimbau kepada warga agar membuka lahan jangan dengan cara dibakar. Dampaknya sangat besar terhadap musibah kabut asap di daerah ini nantinya. Dia juga meminta kepada seluruh kepala desa agar selalu berkoordinasi dengan RT/RW, untuk memberikan imbauan dan sosialisasi soal larangan kebakaran hutan dan lahan.

“Jika hal tersebut dilakukan, maka kabut asap bisa saja terjadi di daerah ini,”tandasnya. (yus)