17 PKL Kobar Lolos Uji Lab Loka POM Pangkalan Bun

Kepala Loka POM Kodon Tarigan saat memberikan sertifikat lolos uji lab Jumat (23/8).

PANGKALAN BUN, KaltengEkspres.com – Loka POM Pangkalan Bun Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) mengungkapkan, sedikitnya ada 17 jualan pedagang kali lima (PKL) dan UMKM kuliner di Kabupaten Kobar lolos uji laboratorium, Loka POM Pangkalan Bun.

Kepala BPOM Kobar Kodon Tarigan mengatakan, ke 17 pedagang ini dari berbagai macam penjual aneka makanan yang ada di Pangkalan Bun.  Mereka masuk dalam kelompok paguyuban  Maju Lancar.

“Mereka ini para penjual makanan yang biasa mangkal di taman – taman dan sekolah – sekolah,” ungkap Kodon Tarigan Jumat (23/8/2019).

Sebelumnya, para pedagang ini menyampaikan keluh kesahnya tidak bisa berjualan di sekolah, karena dianggap menjual makanan yang tidak sehat. Kemudian setelah dilakukan diskusi dengan diberikan pemahaman mengenai jenis – jenis makanan yang mengandung zat berbahaya. Akhirnya para pegadang mulai berbenah.

” Setelah diberikan pembekalan dan ajakan untuk berkomitemen selalu menjual dagangan yang sehat, kemudian dilakukan uji lab dan 17 makanan pedagang itu lolos, serta sehat dan layak konsumsi,”tandasnya. (yus)