Warga Kobar Diingatkan Jangan Bakar Lahan

Bupati Kobar Hj Nurhidayah saat memberikan keterangan kepada awak media, Rabu (17/7/2019).

PANGKALAN BUN, KaltengEkspres.com – Bupati Kobar Hj Nurhidayah kembali mengingatkan warga untuk tidak membakar hutan dan lahan di wilayah Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar). Hal disampaikannya karena selama musim kemarau ini potensi kebakaran hutan dan lahan begitu rawan.

“Jangan sampai masyarakat membakar lahan sembarangan termasuk membuang puntung rokok, apalagi saat ini musim kemarau dan angin kencang saat ini. Karena dampaknya sangat rawan menimbulkan kebakaran besar,”ungkap Bupati Kamis (18/7/2019).

Menurut Bupati, hal tersebut disampaikannya agar masyarakat bisa sama-sama menjaga dari bahaya kebakaran selama kemarau. Bahkan kepada para nelayan diharapkannya tidak membakar lahan.

“Intinya kita ingin agar daerah terbebas dari dampak kabut asap seperti beberapa tahun sebelumnya. Sehingga udara yang dihirup selalu sehat”.ujarnya.

Lantaran lanjut Nurhidayah, jika kebakaran marak maka yang rugi masyarakat Kobar sendiri. Karena harus menerima dampak udara tercemar akibat asap.

“Oleh sebab itu mari jangan melakukan pembakaran, mengingatkan masyarakat untuk berhati-hati dalam menjaga lingkunganya, Ini disampaikan berkaca dari peristiwa kebakaran  yang terjadi beberapa hari terakhir,” tandasnya. (yus)