Tuntut Hak, Ratusan Buruh Demo di Kantor Bupati Kotim

Para buruh saat menggelar orasi di depan Kantor Bupati Kotim, Senin (15/7/2019).

SAMPIT, KaltengEkspres.com – Ratusan buruh PT Agro Bukit, dan PT Bangkit Giat Usaha Mandiri (BUM) menggelar aksi unjuk rasa di depan Kantor Bupati Kotim, Senin (15/7/2019). Aksi ini dalam rangka menuntut kewajiban pihak perusahaan dan Kelompok Tani Hutan Jirak Sepakat Jaya, agar memberikan hak mereka.

“Kita menggelar aksi demo ini untuk menuntut hak kami yang selama ini tak dipenuhi pihak perusahaan. Diantara seperti pemberian gaji, dan lain-lainnya,” kata Yusran salah seorang perwakilan massa.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Karliansyah. Menurutnya, selama ini banyak masalah yang terjadi antara karyawan dengan perusahaan. Seperti tak dipenuhinya hak-hak karyawan. Bahkan beberapa waktu lalu pihaknya sempat menadatangkan Ketua Serikat Pekerja ke perusahaan untuk melakukan mediasi, namun diusir oleh pihak perusahaan.

“Kita minta Pemkab Kotim dan DPRD Kotim segera menyikapi permasalahan ini. Karena selama ini kita sudah melapor ke Dinas Tenaga Kerja Kotim namun mereka hanya diam sama. Dengan berpura-pura tak mengetahui permasalahan,”tegasnya.

Sementara itu pantauan di lapangan, aksi ini mendapat pengawalan ketat aparat kepolisian. Setelah beberapa jam menyampaika orasinya, perwakilan massa diizinkan masuk melakukan mediasi di Aula Lantai II Setda Kotim. (ar/hm)