PWI Kalteng Harus Siap SDM

PALANGKA RAYA, KaltengEkspres.com – Menyonsong pemindahan Ibu Kota Negara Pemerintahan RI ke depan, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kalteng harus siap khususnya dari sisi sumber daya manusia (SDM). Pasalnya, jika Kalteng jadi Ibu Kota Negara, PWI Kalteng bakal sama kedudukannya dengan PWI DKI Jakarta.

“PWI harus siap menyambut Ibu Kota Negara, SDM wartawan harus siap, profesional dan kompeten karena nantinya kalau jadi Ibu Kota Negara, Karena semua wartawan nasional dan wartawan asing ada di Kalteng, jadi SDM wartawan lokal harus siap terutama harus bisa bahasa Inggris,” ungkap Ketua Umum PWI Pusat, Atal Sembiring Depari pada acara pembukaan Konfrensi PWI VIII di ballroom Hotel Luwansa, Sabtu (20/7/2019).

Menurut Atal, bila perlu wartawan PWI ambil kursus bahasa Inggris supaya speakingnya bagus. Kemampuan wartawan harus terus ditingkatkan, meskipun saat jumlah anggota PWI se Indonesia cukup besar sekitar 14 ribu orang terbesar dari organisasi lainya.

“PWI Kalteng sangat beruntung, karena Gubernurnya sangat mendukung setiap program kerja PWI, oleh sebab itu wartawannya harus profesional khususnya dalam pemberitaan, karena fungsi pers sebagai sosial kontrol dan edukasi,” ucapnya.

Ketua PWI Kalteng, Sutransyah pun mengucapkan terimakasih dan penghargaan kepada pemerintah provinsi yang telah banyak membantu PWI dalam menjalankan program kerja.

“Bahkan pak Gubernur Sugianto Sabran sangat perhatian dengan gedung kantor PWI, dan memberikan perintah untuk mempercantik kantor PWI mengecat bangunan hingga pagar kantor, terimaksih pak gubernur”, ujar Sutransyah.

Keberhasilan PWI, kata dia, tidak lepas dari dukungan dan perhatian pemerintah provinsi Kalteng sebagai mitra, namun tetap menjalankan fungsi kontrol sosial dan memberikan kritik yang membangun untuk kemajuan provinsi Kalteng.

Sutransyah yakin, Ketua PWI ke depannya lebih baik lagi dan meningkat baik dari sisi program kerja maupun prestasi dalam membawa nama baik PWI.

Baca Juga :  Polda Kalteng Ciduk 20 Orang Pelaku Peti di Wilayah Kalteng

Dalam konferensi ini ada dua calon atau kandidat yang ikut dalam bursa pemilihan Ketua PWI Provinsi Kalteng yakni Haris Sadikin dan Hairil Supriadi. (ed)