Pemprov Kalteng Terima Kunjangan Komisi IX DPR RI

Staf Ahli Gubernur Kalteng Bidang Permasyarakatan dan Sumber Daya Manusia Yuel Tenggara saat berjabat tangan dengan Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Hj. Dewi Asamara ketika poto bersama, Jumat (26/7/2019).

PALANGKA RAYA, KaltengEkspres.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalteng menerima kunjungan kerja (kunker) dari Komisi IX DPR RI. Kunjungan dalam rangka koordinasi dan menggali informasi mengenai masalah kesehatan dan ketenagakerjaan di Provinsi Kalteng ini, disambut langsung oleh Staf Ahli Gubernur Kalteng Bidang Permasyarakatan dan Sumber Daya Manusia Yuel Tenggara, beserta jajaran kepala dinas/badan di lingkungan Pemprov Kalteng, di Istana Isen Mulang, Jumat (26/7/2019).

Dalam pertemuan, sekaligus diskusi tersebut Komisi IX DPR RI lebih banyak menyerap aspirasi dari Pemprov Kalteng mengenai kesehatan dan ketenaga kerjaan. Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Hj. Dewi Asamara,  SH,  MH (Fraksi partai Golkar) mengatakan, persoalan yang menjadi perhatian Komisi IX adalah masalah stunting (pendek/kerdil) mengingat kasus stunting di Kalteng cukup tinggi khususnya di Kotawaringin Timur.

“Karena itu ini harus menjadi perhatian serius Pemprov Kalteng bekerjasama dengan Kementerian Kesehatan,”ungkapnya saat menyampaikan sambutannya.

Menurutnya, mulai tahun 2020 mendatang telah memasuki era yang akan dikedepankan terkait pembangunan sumber daya manusia mulai dari masalah ibu hamil, kesehatan bayi dan anak usia 0 – 5 tahun. Tentunya hal ini bukan hanya tanggungjawab Kementerian Kesehatan saja, tapi juga gubernur dan bupati/walikota se-Indonesia, agar angkanya turun, bahkan tidak ada lagi.

Sedangkan mengenai kabut asap yang siklusnya  4 tahun sekali, lanjut dia, jangan sampai pemerintah tidak siap menghadapi dan mencegah kebakaran hutan dan lahan beserta dampaknya. Tentunya pihak Kementerian Kesehatan RI Bersama Pemerintah Pemprov Kalteng mempersiapkan segala sesuatunya untuk mencegah dampak kabut asap salah satunya penyakit Ispa, membagikan masker dan alat kesehatan lainya.

Menyikapi kunjungan ini, Staf Ahli Gubernur Yuel Tenggara mengatakan, menyambut baik atas kunjungan Komisi IX DPR RI ini. Pihaknya berharap dengan adanya kunjungan ini bisa memberikan dampak positif terkait penanganan masalah stunting di Kalteng ke depan. Supaya bisa dibahas ditingkat pusat, untuk selanjutnya diterapkan melalui program bersama antara daerah dan pusat. (ed/adv)