Pemprov Kalteng Dorong Peningkatan Partisipasi Pemilu

Sekda Kalteng Fahrizal Fitri saat menyampaikan sambutannya dikegiatan sosialisasi Senin (22/7/2019).

PALANGKA RAYA, KaltengEkspres.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalteng berharap dengan pengalaman pemilu serentak tahun 2019 lalu, tingkat partisipasi masyarakat dapat dipertahankan bahkan harus terus ditingkatkan. Karena berdasarkan pengalaman banyak faktor yang mempengaruhi tingkat partisipasi pemilih antara lain kredibilitas pasangan calon, pelaksanaan sosialisasi, serta kondisi dan situasi politik.

“Untuk itu, optimalisasi partisipasi pemilih perlu terus  dilakukan melalui sosialisasi,  baik melalui tatap muka dan penggunaan media komunikasi, termasuk media komunikasi digital,” kata Sekda Provinsi Kalteng, Fahrizal Fitri saat membuka acara Sosialisasi Mekanisme Pemberhentian dan Pengangkatan Anggota DPRD Provinsi Kalteng dan DPRD Kabupaten/Kota Hasil Pemilu Serentak 2019 di Swissbell Hotel-Danum Palangka Raya,  Senin (22/7/2019).

Selain itu lanjut dia, diharapkan peran pemerintah kabupaten/kota secara optimal dalam memfasilitasi pelaksanaan pilkada melalui pembentukan desk Pilkada, sosialisasi, monitoring dan pemantauan serta penyediaan sarana dan prasarana, serta sumber daya manusia yang dapat mendukung kelancaran pelaksanaan Pilkada dan peningkatan partisipasi pemilih.

Untuk diketahui, pelaksanaan sosialisasi tersebut bertujuan untuk menindaklanjuti hasil Pemilu Serentak Tahun 2019 serta memahami secara komprehensif  terkait tata cara atau mekanisme Pemberhentian dan Pengangkatan anggota DPRD mulai dari Pemkab sampai Pemprov.

Disamping itu juga, untuk mengkoordinasikan tugas serta menyamakan presepsi masing-masing pejabat yang membidangi untuk memproses pemberhentian dan peresmian pengangkatan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“Karena keanggotaan DPRD diresmikan dengan Keputusan Menteri Dalam Negeri bagi Anggota DPRD Provinsi Kalimantan Tengah dan Keputusan Gubernur sebagai Wakil Pemerintah Pusat bagi Anggota DPRD Kabupaten/Kota,” tandasnya. (ed/adv)