Pemprov Kalteng Bentuk TKPRD

Plt. Asisten III Bidang Administrasi Umum, Kaspinor saat membuka kegiatan Rapat TKPRD, Selasa (30/7/2019).

PALANGKA RAYA, KaltengEkspres.com – Berdasarkan ketentuan dalam Pasal  5 Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 116 Tahun 2017 tentang Koordinasi Penataan Ruang Daerah, Gubernur Kalteng dalam melaksanakan penataan ruang daerah membentuk Tim Koordinasi Penataan Ruang Daerah (TKPRD) yang ditetapkan dengan Surat Keputusan Gubernur Kalimantan Tengah Nomor  188.44/55/2018 tanggal 21 Maret 2018 tentang Tim Koordinasi Penataan Ruang Daerah Provinsi Kalteng.

“TKPRD adalah Tim Ad Hoc yang dibentuk untuk mendukung pelaksanaan Undang-Undang Nomor 26 Tahun 2007 tentang Penataan Ruang di daerah yang mempunyai tugas dan fungsi membantu Gubernur dalam pelaksanaan koordinasi penataan ruang di daerah,”ungkap Sekda Provinsi Kalteng, Fahrizal Fitri melalui Plt. Asisten III Bidang Administrasi Umum, Kaspinor saat membuka kegiatan Rapat TKPRD, Selasa (30/7/2019).

Kaspin menjelaskan, TKPRD Kalteng ini beranggotakan 60 orang, yang di ketuai oleh Sekda Kalteng dengan Penanggungjawab Gubernur dan Wakil Gubernur serta Tim Ahli sebanyak 6 orang, Sekretariat : 8 orang, Pokja Perencanaan Ruang : 12 orang, Pokja Pemanfaatan/Pengendalian Pemanfaatan Ruang : 12 orang.

Menurutnya, TKPRD  ini nanti dalam melaksanakan tugas harus menyampaikan laporan berkala kepada Gubernur dan pada akhirnya nanti Gubernur melaporkan pelaksanaan penataan ruang daerah dan pembinaan penataan ruang Kabupaten/Kota kepada Menteri Dalam Negeri melalui Direktur Jenderal Bina Pembangunan Daerah disampaikan paling sedikit 1 kali dalam 1 tahun pada bulan September. (ed/adv)