Pemkab Kobar Gelar Apel Siaga Karhutla

Bupati Kobar Hj Nurhidayah saat melakukan peninjauan personel ketika memimpin apel siaga karhutla di Sport Center Pasir Panjang, Senin (22/7/2019).

PANGKALAN BUN, KaltengEkspres.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Barat (Kobar), melaksanakan giat Apel Siaga Bencana Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Sport Center Sampuraga Baru, Senin (22/7/2019). Apel siaga yang dipimpin langsung Bupati Kobar Hj Nurhidayah ini, diikuti 900 peserta terdiri dari TNI, Polri, Manggala Agni, Damkar, BPBD, dan seluruh relawan.

Hadir dalam kegiatan ini, Komandan Kodim 1014/Pangkalan Bun Letkol Inf Muhammad Roni Sulaiman, Kapolres Kobar AKBP Arie Sandy, serta jajaran satuan organisasi perangkat daerah (SOPD) Pemkab Kobar.

Bupati mengatakan, bencana karhutla pada tahun 2015 lalu meninggalkan jejak kerusakan dan membuat krisis kabut asap dalam jumlah yang besar. Karena itu peristiwa tersebut menjadi pelajaran bagi semua. Lantaran sangat menggangu seluruh aspek kehidupan, bahkan negara mendapat pandangan negatif dari dunia internasional. Oleh sebab itu, penanganan dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan di Kobar tahun ini harus lebih baik, dan terencana, menyeluruh, terpadu, serta berkelanjutan.

“Selain itu melibatkan seluruh stakeholder, baik dari unsur TNI-Polri instansi terkait, badan usaha atau pihak perusahaan,serta masyarakat peduli api maupun relawan. Karena ini merupakan tanggungjawab bersama,”ungkap Nurhidayah.

Nuhidayah menjelaskan, bahwa pengendalian kebakaran hutan dan lahan tidak akan berhasil secara efektif dan optimal tanpa komitmen yang kuat dari semua pihak. Ini karena upaya  pencegahan dilapangan terkendala keterbatasan personel. Untuk itu, diperlukan eksistensi masyarakat dalam turut serta menanggulangi karhutla.

“Saya juga mengimbau di setiap desa atau kelurahan perlu dibentuk kelompok masyarakat pengendali karhutla yang terlatih agar mampu mengatasi kebakaran di wilayahnya masing – masing,”tandas Nurhidayah. (hm)