Pemkab Kobar Diminta Dampingi Masyarakat

PANGKALAN BUN, KaltengEkspres.com – Tanggulangi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di wilayah Kotawaringin Barat, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kobar diminta mendampingi masyarakat dalam berladang agar kebiasaan membuka lahan dengan membakar tidak terjadi.

Hal ini diutarakan oleh Anggota DPRD Kobar Bambang Suherman. Menurutnya, sangat berbahaya jika masyarakat dibiarkan tanpa adanya pendampingan. Karena masyarakat akan kembali pada kebiasaanya berladang dengan cara membakar lahan.

“Jika masyarakat sebagai pelaku utama pencegahan karhutla pada prinsipnya harus ada regulasi yang sah dan jelas dari pemerintah sehingga masayarakat sendiri bisa bergerak memikirkan upaya buka lahan tanpa api di lingkungannya,” ujar Bambang

Sekarang lanjut dia, sejumlah organisasi peduli api dan yang lainya masih mengandalkan dana swadaya, dan ini perhatian dari Pemkab, Sehingga upaya pencegahan hanya begitu-begitu saja, dan hasilnya bisa dirasakan sendiri, masih banyak yang perlu di benahi terutama dari sektor anggaran.

“Jangan sampai misalkan pemadam mau berengkat kehabisan minyak, nah ini perlu kajian dan pengelolaan anggaran yang pasti,” ucapnya. (yus)