Pemkab Diminta Siapkan Ketersediaan Air Bersih

Camat Murung Banjang Jalin saat menghadiri kegiatan belum lama ini.

PURUK CAHU, KaltengEkspres.com – Camat Murung Banjang Jalin meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mura untuk menyiapkan ketersediaan air bersih bagi warga perdesaan selama musim kemarau ini. Khususnya bagi warga yang tinggal di daerah jauh dari bantaran sungai. Hal ini disampaikannya, karena selama terjadi kemarau beberapa bulan terakhir, masyarakat yang tinggal di darat mulai kesulitan air bersih.

“Selama ini warga kebanyakan memanfaatkan air bersih dari sumur, dan sumur bor. Kita kwatir selama terjadi kemarau, mereka kesulitan air bersih. Karena tentunya jika tak terjadi hujan terus menerus, sumber air mereka itu akan kering,”ungkapnya Senin (22/7/2019).

Banjang berharap, Pemkab Mura melalui dinas terkait bisa mengantisipasi hal ini. Karena menurut dia, jika dibiarkan tak cepat dilakukan antisipasi maka masyarakat sejumlah desa yang selama ini mengandalkan air bersih dari sumur akan kesulitan mendapatkan air.

“Dinas terkait harus jeli dengan menyiapkan jika nanti warga mulai kesulitan mendapatkan air bersih. Apalagi belakangan terakhir sudah ada sejumlah desa yang mulai mengalami kekeringan air sumurnya,”ujarnya. (an/hm)