Pasca Laka Maut, Bupati Evaluasi Truk Petikemas Masuk Kota

Bupati Kobar Hj Nurhidayah saat berdialog dengan warga ketika meninjau lokasi kejadian, Jumat (26/7/2019).

PANGKALAN BUN, KaltengEkspres.com – Pasca kecelakaan maut yang dialami seorang pengendara sepeda motor bernama Sariman yang tewas ditimpa truk fuso bermuatan petikemas (kontainer) di ruas Jalan A Yani KM 5 Kelurahan Baru Jumat (26/7/2019), langsung disikapi Bupati Kobar Hj Nurhidayah, dengan bakal melakukan evaluasi terhadap truk bermuatan petikemas saat masuk kota Pangkalan Bun.

“Atas nama pemerintah daerah saya mengucapkan bela sungkawa khususnya untuk keluarga korban yang terkena musibah kecelakaan ini, kita berharap kejadian ini tidak terulang lagi. Karena itu kita akan melakukan evaluasi agar truk yang bermuatan berlebihan dilarang masuk dalam kota,”ungkap Nurhidayah kepada awak media, saat meninjau lokasi kejadian, Jumat (26/7/2019).

Menurut Bupati, evaluasi ini akan menjadi kebijakan pemerintah daerah karena melihat kondisi truk yang menimpa korban bermuatan melebihi kapasitas. Sementara isi muatannya belum diketahui secara pasti.

“Ke depan kita sudah menyiapkan jalan alternatif yakni kearah Tempenek langsung menuju pelabuhan.  Kebijakan ini untuk mengalihkan pengendara dengan muatan besar tidak melintasi dalam kota, karena rawan membahayakan pengendara roda dua dan empat,”ujarnya.

Sementara menyikapi peristiwa kecelakaan ini, Bupati meminta pihak polres untuk membantu kemudian Dishub Kobar diingatkan agar memantau dengan ketat terhadap truk yang masuk dalam Kota Pangkalan Bun.

“Karena dengan adanya kejadian lakalantas ini, tentunya akan kita koordinasikan lagi terkait dalam hal perbaikan evaluasi badan jalan kita,”tandasnya. (yus)