KPU Kalteng Plenokan Perolehan Kursi dan Caleg Terpilih

KPU Kalteng saat menggelar rapat pleno penetapan perolehan kursi dan caleg terpilih, Senin (30/7/2019) malam.

PALANGKA RAYA,  KaltengEkspres.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalteng menggelar rapat Pleno Penetapan Perolehan Kursi dan Calon Legeslatif (Caleg) terpilih pada Pemilu 2019 di Hotel Aquarius, Senin (29/7/2019) malam. Rapat pleno ini dihadiri Kepala Kesbangpol Provinsi Kalteng, Agus Pramono, Ketua KPU Provinsi Kalteng,  Hermain Ibrahim dan perwakilan dari masing-masing partai.

Ketua KPU Provinsi Kalteng,  Hermain Ibrahim mengatakan, rapat pleno ini dilaksanakan untuk menindaklanjut Undang-Undang No. 7 tahun 2019 pasal 418 ayat 2, PKPU no 14 tahun 2019 Perubahan ke lima PKPU No. 7 tahun 2017 tentang Tahapan, Program dan Jadwal, PKPU No 5 tahun 2019 tentang Penetapan Pasangan Calon Terpilih, Penetapan Perolehan Kursi dan Penetapan Pasangan Calon Terpilih dalam pemilu.

Kemudian lanjut dia, memperhatikan Putusan Mahkamah Konsititusi tanggal 22 juli 2019 berkenaan dengan beberapa perkara PHPU yang tidak dilanjutkan pada tahap pembuktian, maka pada hari ini tanggal 29 juli 2019 KPU Provinsi Kalteng melaksanakan rapat pleno.

“Dalam rapat pleno terbuka ini akan ditampilkan secara berurutan penghitungan perolehan kursi partai politik pemilu anggota DPRD Provinsi Kalimantan Tengah 2019. Formulir Model E-1 dan Model E.1.1 serta Model E.1.2 DPRD Provinsi,” terangnya.

Dijelaskannya, dalam penetapan pasangan calon terpilih memperhatikan laporan penerimaan dan pengeluaran dana kampanye (LPPDK) untuk Partai Politik Provinsi Kalteng sudah menyampaikan.

“KPU Provinsi Kalteng juga memperhatikan tanda terima LHKPN (laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara) yang sudah diterima. Akhirnya apabila dalam pelaksanaan rapat pleno terbuka penetapan perolehan kursi dan calon terpilih, terdapat keberatan saksi dan/atau kejadian khusus dapat dituangkan dalam Formulir model E2 KPU,”ucapnya.

Sementara itu dari rapat pleno ditetapkan jumlah kursi yang ditempati Partai Politik dengan total 45 kursi di DPRD Provinsi Kalteng yakni sebagai berikut ; PKB 4 Kursi, Gerindra 5 Kursi, PDIP 12 Kursi, Golkar 7 Kursi, Nasdem 5 Kursi, PKS 1 Kursi, Perindo 1 Kursi, PPP 1 Kursi, PAN 2 Kursi, Hanura 1 Kursi, Demokrat 6 Kursi. (ed)