KH Syamsudin Terpilih Jadi Ketua NU Kotim

Tiga kandidat saat kompak seusai pemilihan, Rabu (17/7/2019).

SAMPIT, KaltengEkspres.com – Konfrensi Cabang Nahdlatul Ulama (NU) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) ke – IX berjalan sukses. Dari hasil konfrensi ini, KH Syamsudin terpilih sebagai Ketua Pengurus Cabang NU Kotim.

Kegiatan yang diselanggarakan pada Rabu (17/7) di Gedung Sekretariat NU Kotim Jalan S. Parman Sampit ini juga berlangsung dengan haru.

Ada tiga nama calon yang sesuai dengan tata tertib dan bersedia dicalonkan, yaitu KH Syamsudin, Ustaz Abdul Munir, dan Ustaz Syarifudin.

Syamsudin yang juga Kepala Kantor Kementerian Agama Sampit ini mendapatkan 15 suara dari 18 perwakilan Majelis Wakil Cabang (MWC) NU di kecamatan, perwakilan PW NU Kalteng, dan perwakilan Careteker.

Seharusnya, ada 19 suara yang mendapat hak memilih tetapi minus MWC Cempaga Hulu (Pundu), tetapi hal ini tidak masalah, karena sudah memenuhi kriteria kuorum.

Keharuan terjadi saat Ustaz Syarifudin sebagai calon termuda sekaligus menjadi Ketua Panitia Konferensi NU Kotim ke- IX, sempat menyatakan tidak bersedia dicalonkan sebagai calon Ketua NU.

Namun, dengan kebijaksanaan sesepuh NU Kotim KH Fauzan Nurdin, mubaligh muda ini diminta untuk tetap mengikuti proses pemilihan.

Maka, dengan rasa emosional dan hampir tidak bisa menahan air mata, Syarifudin manut kepada KH Fauzan Nurdin untuk bersedia dipilih.

“Saya akan mengemban amanah ini dengan sebaik-baiknya. Karena itu dalam melaksanakan tugas saya berharap dukungan semuanya,”ungkap Syamsudin. (lid)