HUT Pemko, Diharapkan Jadi Pemicu Semangat Berbenah

Anggota Komisi A DPRD Palangka Raya, Anna Agustina Elsye

PALANGKA RAYA,  KaltengEkspres.com – Hari Jadi Pemerintah Kota Palangka Raya ke 54 dan Hari Jadi Kota Palangka Raya ke 62 tahun, diharapkan mampu menjadi Kota yang profesional, berdaya saing tinggi dan memberikan pelayanan secara prima.

Hal ini diungkapkan Anggota Komisi A DPRD Palangka Raya, Anna Agustina Elsye. Menurutnya, hari bersejarah bagi kota Palangka Raya ini harus dimaknai dengan rasa syukur, karena seluruh elemen masyarakat dapat berbenah dan banyak hal di berbagai bidang pembangunan yang ada. Terlebih Palangka Raya digadang-gadang menjadi calon Ibu Kota Pemerintahan Indonesia.

“Kita harus mempersiapkan diri sebaik mungkin menyambut wacana tersebut”, ujarnya kepada wartawan usai mengikuti upacara HUT Pemerintah Kota Palangka Raya dan HUT Kota Palangka Raya,  Rabu (17/7/2019).

Menurutnya, pemerintah kota harus terus melakukan pembenahan, terutama melakukan peningkatan kapasitas kinerja. Apalagi keberhasilan dalam mempertahankan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI, hingga target memperoleh penghargaan Adipura harus mampu menjadi motivasi bagi pemerintah dalam membenahi sistem pemerintahan melalui komponen yang ada di dalamnya.

“Kinerja pemerintahan yang optimal merupakan salah satu pondasi dalam menciptakan tatanan Good  Governance, terus lakukan  evaluasi yang telah kita lakukan di tahun yang lalu,”ucap Anna.

Dalam bentuk lainnya yakni, berusaha mengejar kinerja  pemerintah kota  yang lebih baik, sehingga diperlukan berbagai upaya. Salah satunya penerapan “Reward and Punishment” kepada ASN atas kinerjanya dalam bekerja.

“Meman sudah ada tunjangan kinerja (Tukin) sebagai komponen agar ASN meningkatkan kinerjanya, namun demikian inovasi lain sangat penting untuk memacu semangat kinerja ASN,” papar Anna.

Pada kesempatan ini ia berharap di usia yang kian matang bagi Pemerintah Kota harus  mampu menciptakan sistem yang  lebih mudah dalam mengontrol peningkatan kinerja komponen di dalamnya.  (ed)