Helikopter Water Boom Siap di BKO ke Kalteng

PALANGKA RAYA, KaltengEkspres.com Pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kalteng menerima informasi dari BNPB Pusat terkait perintah kepada pihak ketiga untuk mem-BKO kan helikopter ke Kalteng.

“Saat ini memang kondisi di lapangan ada kebakaran hutan/lahan yang tidak bisa diakses pemadam kebakaran, tapi saya mohon doa masyarakat agar kebakaran hutan maupun lahan tidak melebar luas, dan intensitas hujan semakin sering,”ungkap Plt. Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kalteng, Mofit Saptono kepada awak media, Jumat (19/7/2019).

Menurut Mofit, meski helikopter belum ada, pihaknya berharap Balakar bisa mesuk ke dalam hutan tempat titik api sehingga kita tidak perlu menggunakan helikopter.

Memang lanjut dia, ada loporan dari Pusdalops terjadi kebakaran hutan dengan jarak 600 meter dari pinggir jalan, dan tidak ada akses jalan, tapi petugas tetap berupaya menjangkau titik api dan memadamkannya tersebut.

“Kendala di lapangan adalah kekurangan armada, sedangkan lokasi kebaran bisa empat sampai lima titik, jadi salah satu solusinya masyarakat cepat mengantisipasi dengan memadamkan api, dan segera melapor jika ada kebakaran hutan maupun lahan sebelum apinya membesar dan menyebar, sehingga cepat diantisipasi”, ujar Mofit. (ed/adv)