Genjot Produksi Perikanan, Diskan Latih 60 Poklahsar Kobar

Kadiskan Kobar Ir Rusliansyah Msi.

PANGKALAN BUN, KaltengEkspres.com – Dalam rangka meningkatkan produksi hasil pengolahan disektor perikanan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Barat (Kobar) melalui Dinas Perikanan Kobar menggelar Pelatihan Manajemen Usaha Perikanan kepada sebanyak 60 peserta dari kelompok pengolah dan pemasar (poklahsar) Kobar. Kegiatan tersebut dilaksanakan Kamis (4/7/2019).

Kepala Diskan Kobar Rusliansyah mengatakan, selama ini usaha perikanan  di Kobar masih bersifat tradisional dan semi mekanik dengan berbagai keterbatasan dan permasalahan, seperti dari segi sarana dan prasarana penanganan dan pengolahan. Disamping itu juga keterbatasan permodalan serta terbatasnya pengetahuan dan keterampilan sumberdaya manusia sebagai pelaku usaha.

“Untuk mengatasi permasalahan tersebut, Dinas Perikanan telah melakukan fasilitasi pengembangan usaha perikanan, diantaranya dengan memfasilitasi pengembangan akses permodalan dan kemitraan usaha perikanan, pengembangan TPI”, kata Rusliansyah Jumat (5/7/2019).

Untuk peningkatan sarana dan prasarana pengolahan dan pemasaran perikanan, lanjut dia, pihaknya mengadakan peningkatan mutu dan pengembangan pengolah hasil perikanan serta peningkatan kelengkapan dan kecukupan perizinan.

Yakni dengan memfasilitasi kebutuhan pelaku usaha perikanan terhadap keterbatasan sarana prasarana pengolahan, sehingga produk dan produktivitas hasil olahannya pun akan meningkat sehingga dapat mensejahterakan bagi pelaku usaha perikanan.

Disamping itu tambah dia, Diskan juga memberikan pelatihan dengan menghadirkan pemateri dari Dinas Perikanan, Dinas Perindagkop, Bank BRI, Penyuluh Perikanan, Pendamping Lembaga Penguatan Modal Usaha Kelautan Perikanan (LPMUKP) dan pelaku UKM Syarifah Salmah.

“Harapan kita dengan adanya pelatihan ini, para poklahsar Kobar bisa meningkatkan produksi hasil disektor perikanan ini,”tandasnya. (yus)