Gembong Penggelapan 47 Unit Mobil Rental Diringkus Polisi

PALANGKA RAYA, KaltengEkspres.com –Jajaran Satreskrim Polres Palangka Raya berhasil membekuk pelaku pengelapan 47 unit mobil rental di Jalan Tenggiri Kelurahan Bukit Tunggal Kota Palangka Raya berinisial RD (38).

Pelaku ditangkap, Kamis (18/7/2019) malam. Dari tangan pelaku ini diamankan barang bukti satu unit mobil Toyota Innova Riborn Nopol KH 1006 TH.

Kapolres Palangka Raya AKBP Timbul RK Siregar mengatakan, pelaku ditangkap karena melakukan pengelapan mobil yang di sewanya dengan total mobil yang di gelapkan sejumlah 47 unit. Aksi ini tidak hanya dilakukan pelaku di Kota Palangka Raya namun juga di kabupaten lainnya di wilayah Kalteng.

“Modus yang digunakan pelaku ini dengan cara menyewa mobil di rental selama beberapa lama. Namun mobil yang di sewa tidak di kembalikan saat masa sewa telah berakhir. Mobil tersebut ternyata telah dijual dan di gadaikan oleh pelaku,”ungkap Kapolres kepada awak media, Sabtu (20/7/2019).

Kapolres menjelaskan, berdasarkan pengakuan pelaku ia telah melakukan aksinya sejak Oktober 2018 hingga Mei 2019.

“47 unit mobil tersebut saat ini masih kami cari, karena menurut pengakuan tersangka keberadaan mobil-mobil tersebut ada di beberapa wilayah,”ujarnya.

Akibat perbuatannya ini, pelaku dijerat pasal 372 KUHP tentang penggelapan dengan ancaman hukuman 4 tahun penjara. (as/hm)