Dipicu Ledakan Kompor Gas, Rumah Permanen Terbakar

Api saat berkobar membakar rumah permanen milik warga yang berada di Jalan Simpang Kelurahan Palangka Kecamatan Jekan Raya Kota Palangka Raya, Jum’at (26/7/2019).

PALANGKA RAYA, KaltengEkspres.com – Sebuah rumah warga milik William Katopo yang terletak di Jalan Simpang Kelurahan Palangka Kecamatan Jekan Raya Kota Palangka Raya, Jum’at (26/7/2019) pagi sekitar pukul 07.30 WIB, terbakar. Kebakaran ini diduga berasal dari kompor gas yang digunakan untuk merebus air meledak. Sontak kejadian membuat geger warga setempat.

Kapolres Palangka Raya AKBP Timbul RK Siregar mengatakan, kejadian kebakaran ini disebabkan karena kelalaian pemilik rumah. Berawal saat salah seorang penghuni rumah bernama Maria Sungkai merebus air mengunakan kompor gas sekitar pukul 07.00 WIB.

Rebusan air tersebut ditinggal sebentar oleh korban untuk menyiram tanaman di depan rumah. Saking asiknya menyiram tanaman, korban lupa dengan rebusan airnya dan baru sadar saat api telah membesar dan membakar dapur rumah.

Sontak kejadian ini membuat panik keluarga korban, sehingga meminta pertolongan warga setempat. Mengetahui kejadian ini, warga langsung berdatangan ke lokasi melakukan pemadaman dan melaporkan kejadian ke petugas Damkar dan kepolisian.

“Kita yang menerima laporan langsung mendatangi lokasi dan turut serta melakukan pemadaman. Akibat kejadian tersebut pemilik rumah tampak shock dan belum bisa dimintai konfirmasi,”ungkap Timbul kepada awak media, Jumat (26/7/2019).

Beruntung lanjut dia, petugas damkar dan pihaknya cepat melakukan pemadaman. Sehingga peristiwa tersebut tidak sempat meluas ke perumahan warga lainnya.

“Akibat kejadian ini, pemilik rumah mengalami kerugian Rp. 400 juta. Saat ini anggota telah melakukan identifikasi di lokasi kejadian,”tandasnya. (as/hm)