Dewan Sarankan Pemko Perluas Kerjasama dengan Investor

Anggota DPRD Kota Palangka Raya Anna Agustina

PALANGKA RAYA, KaltengEkspres.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kota Palangka Raya menyarankan kepada pemerintah kota (Pemko) agar memperluas kerjasama dengan investor guna membangun Kota Palangka Raya.

Hal ini diutarakan, Anggota Komisi A DPRD Palangka Raya, Anna Agustina Elsye kepada awak media, Selasa (2/7/2019).  Menurutnya, Pemko harus dapat melakukan peningkatan iklim dunia usaha.

Yakni dengan memperbanyak membangun kerjasama tersebut agar modal atau investasi  bisa didatangkan ke wilayah Palangka Raya, dalam rangka mendukung berbagai program daerah.

Menurutnya, banyak  perencanaan program pembangunan  daerah yang semestinya bisa disinergikan dengan pihak swasta, terutama dalam hal  pemodalan dari investor.

Salah satu contoh,  investasi pada sektor kepariwisataan. Dimana sektor ini  bisa dikerjasamakan atau disenergikan yakni pada program pembangunan fasilitas dan infrastruktur, penyediaan layanan wisata, dan promosi.

Apabila sektor kepariwisataan bisa dikembangkan bersama para investor, lanjut dia, bukan hal mustahil jika pengembangan wisata di Palangka Raya semakin dilirik. Bahkan mampu meningkatkan penyerapan tenaga kerja dan peningkatan ekonomi kerakyatan, ujar Anna.

Hal yang sama juga, tambahnya, pada  sektor UMKM, sektor ini sangat jelas terutama dalam hal investasi pemasaran maupun permodalan.

Upaya untuk mengajak para penanam modal agar mau berinvestasi  masih kurang optimal. Padahal iklim investasi ini membawa dampak penting terhadap sasaran dan capaoian program.

Politikus Partai Gerindra ini mengharapkan, ada upaya lebih dilakukan pemko dalam merangkul investor agar mau berinvestasi. Lantaran kelemahan pengembangan sejumlah sektor selama ini,  utamanya  lebih pada kurangnya membangun iklim investasi.

“Perlu dicari pola untuk menarik investor, terlebih  Rencana Tata Ruang Kota (RTRWK) Palangka Raya sudah tuntas. Tinggal bagaimana keinginan  membangun kemajuan iklim investasi ini,”pungkasnya. (ed)