Dewan Dukung Penetapan Status Siaga Karhutla

PURUK CAHU, KaltengEkspres.com Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Murung Raya (Mura) mendukung penetapan status siaga kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di wilayah setempat. Pasalnya, cuaca panas saat ini rawan menimbulkan bahaya kebakaran. Dukungan ini diutarakan Ketua DPRD Mura Gad F Silam kepada awak media, Jumat (5/7/2019).

“Saya mendukung adanya penetapan status siaga kebakaran hutan dan lahan di wilayah Mura. Terlebih lagi saat ini mulai terjadi cuaca panas, dan secara perlahan memasuki musim kemarau. Setidaknya, dengan adanya penetapan status tersebut bisa mencegah sejak dini terjadinya kebakaran hutan dan lahan baik di sejumlah desa dan kecamatan,”ungkap Gad F Silam.

Ia berharap, agar Pemkab Mura melalui instansi terkait terus melakukan pengawasan terkait sejumlah titik yang rawan terjadinya kebakaran hutan dan lahan. Khususnya di daerah yang sering menjadi langgan kebakaran setiap musim kemarau.

“Tim harus aktif memantau dan memberikan sosialisasi kepada warga agar tidak membakar lahan atau membuka lahan dengan cara membakar. Ini supaya peristiwa kebakaran tidak terjadi atau bisa diminimalisir di Kabupaten Mura,”tandasnya. (an/hm)