Dewan Dukung Pemindahan Ibu Kota RI ke Kalteng

Ketua DPRD Kota Palangka Raya Sigit K Yunianto saat memberikan keterangan kepada awak media, Senin (29/7/2019).

PALANGKA RAYA,  KaltengEkspres.com – Wacana pemindahan Ibu kota negara RI ke Kalimantan, dan Kalimantan Tengah digadang-gadangkan menjadi satu calon lokasi pemindahan tersebut, mendapat dukungan penuh dari Ketua DPRD Kota Palangka Raya,  Sigit K Yunianto.  Menurut dia, rencana pemindahan Ibu kota Pemerintahan RI, merupakan suatu kebutuhan bangsa Indonesia.

“Bukan kemauan sutu kelompok atau masyarakat Kalimantan Tengah, tapi ini semua adalah kebutuhan dan harapan bangsa Indonesia. Mengingat Ibu kota negara RI di Jakarta sudah tidak representatif dengan kepadatan penduduknya, sehingga diperlukan suatu kawasan yang baru untuk menjalankan roda pembangunan di Negara NKRI ini”, ungkap Sigit kepada wartawan, di gedung DPRD Palangka Raya Senin (29/7/2019).

Menurut Sigit, suka tidak suka jika Kalteng ditunjuk atau dipilih menjadi Ibukota Pemerintahan RI, maka masyarakat Kalteng harus siap. Karena ini merupakan kebutuhan bangsa yang sangat perlu dilaksanakan untuk pemerataan pembangunan dan ekonomi masyarakat.

“Mengenai infrastruktur,  jelas Kalimantan Tengah masih harus melakukan pembenahan, disisi lain Kalteng ini merupakan kawasan baru untuk Ibukota negara yang memerlukan dukungan pemerintah pusat agar infrastruktur lebih memadai. Dulu kita membangun Palangka Raya ini mulai dari nol (0), namun sekarang sudah sangat berkembang pesat,  tinggal melakukan pembenahan dan perbaikan saja”, ujarnya.

Ia menambahkan,  terkait rencana pemindahan Ibu kota ini,  memang ada pro dan kontra di tengah masyarakat.  Namun pada intinya, bagaimana pemerintah memberikan sosialisasi dan pemahaman kepada masyarakat bahwa pemindahan Ibukota ini merupakan kebutuhan bangsa. Dirinyanya yakni dengan falsafah  “Huma Betang” masyarakat Kalteng akan dapat menerima dengan lapang dada dan tulus hadirnya kota baru Ibukota Pemerintahan RI di Kalimantan Tengah. (ed)