Dewan Dorong Penguatan Seni Budaya dan Kearifan Lokal

PALANGKA RAYA, KaltengEkspres.com – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Palangka Raya Hj Mukarramah mendorong Pemerintah Kota (Pemko) untuk memberi penguatan Seni Budaya dan Kearifan Lokal bagi generasi penerus, sehingga melalui generasi penerus ini menjadi benteng pelestarian nilai budaya agar tetap terjaga dan tidak tergerus.

“Penguatan pengetahuan seni budaya dan kearifan lokal, diperlukan sebagai  upaya menjaga eksistensi  pelestarian nilai budaya  leluhur atau nenek moyang, salah satu contoh dalam  penguatan pengetahuan seni budaya dan kearifan lokal tersebut, untuk menanam edukasi dengan memanfaatkan keberadaan museum,” kata Hj Mukarramah kepada Kalteng Ekspres.com Kamis (4/7/2019).

Menurutnya, keberadaan museum bisa menjadi salah satu opsi edukasi yang patut didorong, sehingga generasi penerus mendapatkan pengetahunan seni budaya dan kearifan lokal. Dismaping itu, generasi penerus perlu dimanfaatkan  dalam membantu program pemerintah, terlebih  membantu dalam  mempromosikan kebudayaan.

“Contohnya, generasi penerus bisa mempromosi keberadaan museum, seperti halnya Museum Balanga kepada masyarakat secara umum,”ujarnya.

Selama ini menurut politikus Partai Nasedem ini, keberadaan museum yang ada kerap tidak dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat, termasuk generasi penerus itu sendri.

Padahal Museum menjadi wadah yang dapat menjadi edukasi  yang memuat seni budaya dan kearifan lokal, bahkan nilai sejarah leluhur.

Paling tidak generasi ikut mempromosikan  keberadaan museum lewat media sosial, situs website atau publikasi selebaran. Dengan dimaksimalkannya promosi keberadaan museum, tentu  pelajar maupun masyarakat umum yang mengisi waktu luang bisa berkunjung ke museum.

“Dengan mengoptimalkan fungsi museum, tentu menjadi salah satu cara mengembangkan dan mengenalkan kebudayaan lokal dari leluhur, sehingga mematoik rasa untuk terus melestarikan  dan mempertahankannya,” tandas Mukarramah. (ed)