Bupati Sarankan Disdukcapil Kobar Gelar Nikah Massal

Bupati Kobar Hj Nurhidayah saat menyampaikan sambutannya.

PANGKALAN BUN, KaltengEkspres.comBupati Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) Hj Nurhidayah menyarankan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kobar agar menggelar nikah massal di dinas setempat.

“Saya minta dengan Kadisdukcapil nanti bikin  satu kegiatan yang bisa kita buat terbesar mungkin juga nanti bisa dari kementerian dan provinsi. Kegiatannya nanti berupa nikah massal yang diharapkan memberikan kepastian hak terutama kepada anak-anak dan juga statusnya,”ungkap Nurhidayah.

Nikah massal ini lanjut dia, dalam rangka mengatasi masalah karena banyak terjadi di masyarakat yang tidak memiliki buku nikah atau tercatat di catatan sipil status pernikahannya.  Sehingga membuat anak-anaknya sulit untuk membuat akte kelahirannya.

“Karena untuk membuat akte lahir anak ini syaratnya harus ada surat nikah. Bagaimana bisa membuat akte lahir anak, kalau akte nikah tidak ada tentu menjadi kendala bagi warga,”ucapnya.

Ia berharap, dengan adanya kegiatan tersebut nanti bisa mengatasi berbagai masalah tersebut. Sehingga administrasi kependudukan di Kabupaten Kobar bisa rapi dan tertib. Tak ada lagi warga yang kesulitan dalam membuat akte atau bahkan hal lainnya. (yus)