Bupati Lepas Rombongan Peserta Peda KTNA Kobar

PANGKALAN BUN, KaltengEkspres.com – Bupati Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) Hj Nurhidayah melepas rombongan peserta Pekan Daerah Kontak Tani dan Nelayan Andalan (Peda KTNA)  Kabupaten Kobar, untuk mengikuti Peda KTNA XII tingkat Provinsi Kalteng yang dilaksanakan 7-13 Juli 2019, di Desa Eka Bahurui Kecamatan Mentawa Baru Ketapang  Kabupaten Kotim.  Rombongan ini dilepas di Aula Kantor Bupati Kobar, Minggu (7/7/2019).

Bupati mengatakan, kegiatan ini menjadi ajang untuk menampilkan produk lokal dengan inovasi yang sudah dilakukan di Kabupaten Kobar selama ini. Karena itu, dengan berkumpulnya kelompok tani dan nelayan pada kegiatan nanti, ia berharap bisa menghasilkan ide baru yang kreatif sesuai dengan potensi daerah masing masing.

“Dalam ajang ini, kita juga berharap peserta dari Kabupaten Kobar  menampilkan berbagai inovasi pertanian dan perikanan unggulan. Diantaranya dibidang perkebunan dan peternakan, seperti khas program andalan kita yakni integrasi sawit sapi.  Karena dalam program tersebut Kabupaten Kobar dianggap sebagai tempat rujukan nasional untuk pengembangannya,”ungkap Nurhidayah.

Selain itu dalam bidang tersebut lanjut dia, peserta juga diminta menampilkan berbagai inovasi pengembangan pertanian yang ramah lingkungan.  Seperti mengkreasikan limbah perkebunan sawit menjadi pupuk dan juga lain-lainnya yang selama ini telah diterapkan di Kobar.

“Berbagai potensi yang kita miliki itu harus ditunjukan. Sehingga bisa menjadi acuan bagi daerah lainnya,untuk bisa belajar ke Kobar,”papar Nurhidayah. (yus)