Bupati Ajak Masyarakat Tanggulangi Karhutla

Bupati Kobar Hj Nurhidayah saat meninjau peralatan pemadam kebakaran untuk menanggulangi karhutla di wilayah Kobar, saat apel siaga Senin (22/7/2019).

PANGKALAN BUN, KaltengEkspres.com – Bupati Kabupaten Kotawaringin Barat Hj Nurhidayah mengajak peran serta masyarakat untuk menanggulangai kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di wilayah Kabupaten Kobar. Hal ini disampaikannya, seusai memimpin apel siaga karhutla di Sport Center Desa Pasir Panjang Kecamatan Arut Selatan (Arsel) Senin (22/7/2019).

“Peran serta masyarakat sangat diperlukan mengingat karhutla bisa datang kapan saja, karena itu semua harus bersinergi menanggulangi karhutla,”ungkap Nurhidayah kepada awak media.

Menurut dia, sinergi ini diperlukan karena dalam mengatasi karhutla tak cukup hanya diserahkan kepada Pemkab Kobar dan sejumlah instansi terkait. Melainkan perlu keterlibatan masyarakat di dalamnya, agar bersama-sama menjaga daerah dari musibah karhutla.

“Intinya upaya pengendalian karhutla tidak akan berhasil secara efektif dan optimal tanpa peran serta komitmen yang kuat dari semua element masyarakat,”ujar Nurhidayah.

Karena lanjut dia, saat ini masih terkendala keterbatasan personel tim pengendalian kebakaran, sehingga eksistensi masyarakat dalam turut serta melakukan penanggulangan sangat penting. Untuk itu dirinya mengimbau di setiap desa atau kelurahan perlu dibentuk kelompok masyarakat pengendali karhutla yang terlatih agar mampu mengatasi kebakaran di wilayahnya. (yus)