BI Tingkatkan Pemahaman Pelajar Hadapi Era Digitalisasi

Ratusan pelajar saat serius mengikuti kegiatan BI Kalteng, Rabu (31/7).

PALANGKA RAYA, KaltengEkspres.com – Dalam rangka perayaan HUT BI ke-66 dan HUT RI ke-74, sekaligus dalam upaya memajukan dunia pendidikan, Bank Indonesia akan melaksanakan Program “Bank Indonesia Mengajar” yang diselenggarakan di seluruh wilayah kerja Bank Indonesia.

Program “Bank Indonesia Mengajar” akan dilaksanakan selama sepekan pada tanggal 29 Juli – 2 Agustus 2019 serentak baik di Kantor Pusat maupun Kantor Perwakilan Dalam dan Luar Negeri.

Program “Bank Indonesia Mengajar” akan mengangkat tema tentang “Peran Bank Indonesia sebagai Bank Sentral dalam Digitalisasi Ekonomi dan Keuangan di Indonesia”.

Demikian diungkapkan Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia  Provinsi Kalteng, Setian kepada wartawan, Rabu (31/7/2019).

Dikatakannya, melalui kegiatan ini diharapkan akan meningkatkan pemahaman dan literasi masyarakat terkait peran dan tugas Bank Indonesia, khususnya  dalam menghadapi era digitalisasi ekonomi dan keuangan saat ini.

Adapun yang menjadi target pembelajaran Program “Bank Indonesia Mengajar” adalah Sekolah Menengah Atas (SMA).

Untuk Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kalimantan Tengah, BI Mengajar akan dilakukan di dua sekolah yaitu SMAN 3 ke-66 dan HUT RI ke-74, dan SMAN 10 Palangka Raya, terang Setian.

Menurutnya, tujuan kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian edukasi dan peningkatan literasi untuk kemajuan pendidikan masyarakat Indonesia, serta memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang peran Bank Indonesia sebagai Bank Sentral dalam digitalisasi ekonomi dan keuangan daerah.

Materi pengajaran, mengacu pada tujuan Program “Bank Indonesia Mengajar” adalah bentuk kepedulian kepada edukasi dan peningkatan literasi untuk kemajuan pendidikan masyarakat Indonesia, serta pemahaman tentang peran BI sebagai otoritas yang turut berperan dalam mengembangkan ekonomi dan keuangan digital Indonesia, bebernya.

Sedangkan materi pengajaran, lanjut Setian terdiri dari ; Pengenalan kelembagaan dan lingkup tugas BI. Peran dan tugas BI dalam mengembangkan ekonomi dan keuangan digital di Indonesia. (ed)