Aplikasi Mobile JKN, Beri Kemudahan Layanan Informasi

PALANGKA RAYA, KaltengEkspres.com – Semakin majunya teknologi saat ini membuat semua pihak berlomba-lomba dalam mengembangkan sistem untuk memberikan kemudahan bagi orang lain. Begitu juga dalam penyelenggaraan program Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang dilakukan oleh BPJS Kesehatan. Terdapat banyak sekali inovasi dan pengembangan sistem yang ditelah dilakukan, salah satunya dengan adanya aplikasi Mobile JKN.

Didi Prianto (32), salah satu dari jutaan peserta program JKN-KIS yang telah merasakan dan memanfaatkan sendiri aplikasi Mobile JKN ini. Saat ditemui awak medi, Kamis (27/6/2019), Didi mengungkapkan, bahwa dengan adanya aplikasi yang bisa diunduh sendiri oleh masyarakat, sehingga memudahkan dalam mengakses informasi dan pelayanan program JKN-KIS.

“Sekarang sudah enak, masyarakat gak perlu bingung mau tanya-tanya tentang program JKN-KIS maupun mengakses pelayanannya. Tinggal download aja aplikasi Mobile JKN di Handphone (HP), masyarakat sudah bisa mengecek semuanya. Buat yang belum terdaftar, bisa mendaftar di aplikasi itu. Buat yang sudah terdaftar, ada fasilitas untuk mengecek status kepesertaan, mengecek iuran, sampai dengan merubah data fasilitas kesehatan tingkat pertama pun juga ada,” ungkap Didi.

Pria yang kesehariannya sibuk bekerja di salah satu perusahaan swasta di Kota Palangka Raya ini merasa sangat terbantu dengan aplikasi Mobile JKN yang telah ia download. Cukup dengan membuka HP, ia sudah mendapatkan semua informasi yang dibutuhkan. Bahkan untuk menyampaikan keluhan pun sudah bias ia lakukan hanya dengan membuka HP saja.

“Rasanya kantor BPJS Kesehatan ini sudah ada di HP. Apapun yang dibutuhkan tinggal buka saja aplikasinya. Apalagi buat yang sering dinas keluar kota, kalau tiba-tiba sakit sudah gak perlu lagi bingung kemana harus berobat. Karena di aplikasi Mobile JKN semuanya sudah tersedia termasuk lokasi faskester dekat dengan posisi kita berada,”ujarnya.

Baca Juga :  Ketua KUI Jadi Ketua Timses Tuty-Rahmadi

Bahkan yang lebih enak lagi lanjut dia, kalau ingin menyampaikan keluhan ataupun masukan terkait program JKN-KIS. Masyarakat gak perlu lagi datang ke kantor BPJS Kesehatan untuk bertemu petugas.

“Cukup buka HP saja. Kalau yang ada pulsa lebih bisa telepon ke Care Center BPJS Kesehatan yang 1500 400 itu. Tapi buat yang gak mau pulsanya berkurang cukup pakai aplikasi Mobile JKN aja, gratis,” tutup Didi. (as/hm)