Api Sampah Picu Kebakaran Rumah di Jalan Menteng

PALANGKA RAYA, KaltengEkspres.com – Satu buah rumah terbuat dari kayu milik warga bernama Rois yang terletak di  Jalan Menteng III Palangka Raya, hangus terbakar menyisakan puing bangunan, Minggu (14/7/2019) siang. Kebakaran ini dipicu api dari kebakaran sampah di samping rumah. Sontak kejadian membuat kaget warga setempat.

Penghuni rumah Rois mengatakan,  saat kejadian ia tak berada ditempat. Lantaran pergi keluar untuk berbelanja. Ketika kembali, ia kaget melihat rumah sudah terbakar habis bersama barang berharga di dalamnya.

“Saat saya tinggal pergi, tidak ada membakar sampah, kondisi rumah masih aman. Ketika saya kembali bisa terbakar seperti ini. Akibat kejadian ini tidak ada barang saya yang selamat, sepeda motor  di dalam ikut terbakar, dan barang berharga lainnya,”ungkapnya dengan raut muka sedih kepada awak media, Minggu (14/7/2019).

Sementara itu Ketua RT 02 RW 11 Adi Suryadi mengungkapkan, api diduga berasal dari tumpukan sampah di bagian kanan rumah yang merembet ke pohon sawit. Saat kejadian rumah ditinggal penghuninya sehingga berharga berharga di dalamnya tak sempat diselamatkan.

“Saya tahunya pas ditelpon istri. Saat ditelpon api sudah di daun pohon sawitan lalu ke atap rumah. Kata anak-anak sih dari sampah, menjalar ke po hon sawit terus ranting jatuh keatap dan membakar rumah tersebut,”ungkapnya.

Sementara itu Kapolsek Pahandut AKP Edia Sutaata mengatakan, bahwa dari keterangan  saksi menyebutkan peristiwa kebakaran ini disebabkan api sampah, hanya saja pihaknya tetap melakukan pemeriksaan dan penyelidikan.

“Saat ini kami maish melakukan penyelidikan atas kebakaran tersebut. Meski keterangan warga dari api sampah,”ujarnya ketika dimintai keterangan Minggu (14/7/2019). (ds/hm)