Antisipasi Karhutla, Dinas TPHP Kobar Dampingi Petani

Kepala Dinas TPHP Kobar Kamaluddin.

PANGKALAN BUN, KaltengEkspres.com –  Guna mengantisipasi agar tidak terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di areal pertanian, Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan (DTPHP) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) melakukan pendekatan dan pendampingan terhadap kelompok tani.

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Dinas TPHP Kobar Kamaludin. Menurutnya, dinas yang dipimpinya tersebut selain memberikan bantuan alat mesin pertanian (alsintan), selama memasuki musim kemarau ini, pihaknya juga memberikan pendampingan kepada para petani. Karena merupakan tugas terberat untuk merubah pola pikir masyarakat yang terbiasa membakar saat musim tanam tiba.

“ Sejauh ini memang belum ada laporan munculnya hotspot dari areal pertanian, seiring waktu adanya larangan membakar hutan dan lahan itu pun membuat masyarakat berpikir untuk melakukan kebiasaan hal itu,”ungkapnya Selasa (16/7/2019).

Menurut Kamaluddin, potensi pertanian sangat besar namun lahan pertanian yang efektif atau tergarap seluas 4000 hektare. Dari luasan itu hanya 705 hektare lahan yang di garap secara kontinyu atau tidak tergantung pada perubahan iklim, 705 hektar lahan yang di garap secara rutin yakni tanaman pangan cara penggarapanya tergantung cuaca.

Diakuinya, hingga saat ini masih ada Keluhan dari kelompok tani dengan adanya larangan membakar hutan dan lahan, dengan alasan kondisi lahannya, selain itu masalah biaya juga lebih ringan dengan cara membakar dan hasilnya pun lebih baik dengan cara membakar saat membuka lahan. (yus)