90 Persen CJH Kalteng Siap Berangkat

PALANGKA RAYA, KaltengEkspres.comPemerintah Provinsi (Pemprov) Kalteng tengah mempersiapkan kebarangkatan calon jemaah haji (CJH) Kalteng tahun 1440H/2019 M yang dijadwalkan pada 20 Juli 2019 mendatang. Sampai saat ini kesiapan keberangkatan CJH Kalteng sudah mencapai 90 persen.

“Sekarang tinggal pemantapan saja, dan sambil berkoordinasi dengan pihak Pemprov Banjarmasin. Kalau dengan kabupaten se Kalteng sudah tidak ada masalah, semua berjalan sesuai agenda,” kata Plh Sekda Provinsi Kalteng, Sapto Nugroho usai memimpin Rapat Tekni Penyelenggaraan Haji Embarkasi Haji kepada awak media, Rabu (10/7/2019).

Dijelaskannya, ada 6 kabupaten yang harus transit di Palangka Raya sebelum ke Banjarmasin yakni Kabupaten Barito Selatan, Lamandau,  Sukamara, Kobar,  Seruyan dan Gunung Mas. Mengingat jarak yang ditempuh dari kabupaten cukup jauh, sehingga perlu waktu istirahat.

“Tempat transit jemaah haji disediakan di asrama haji Jalan G Obos, untuk barang jemaah haji diberangkatkan terlebuh dahulu ke Banjarmasin supaya tidak membebani jemaah haji,” ujarnya.

Sementara, Kepala Kanwil Kementerian Agama Kalteng H Masrawan mengatakan jumlah jemaah haji kali yang akan berangkat sebanyak 1.943 orang se Kalteng termasuk panitianya.

Biasanya jemaah haji berangkat dari Palangka Raya – Banjarmasin menggunakan pesawat tapi karena dua pesawat yang seyogyanya untuk mengangkut jemaah, tidak muat.  Sehingga akhirnya berangkat dari Palangka Raya – Banjarmasin menggunakan Bus Damri yang telah disiapkan. (ed/adv)