14 Agustus, Anggota Dewan Kota Terpilih Dilantik

PALANGKA RAYA, KaltengEkspres.com – Tak lama lagi jabatan anggota DPRD Palangka Raya periode 2014-2019 segera berakhir. Tepatnya masa jabatan para wakil rakyat Kota Cantik ini hanya per 14 Agustus 2019.

Sesuai dengan jadwal  kalender masa berakhir itu, jika tidak ada halangan maka anggota DPRD Palangka Raya terpilih hasil pemilu legislatif 17 April 2019 akan dilantik pada 14 Agustus 2019.

Sekretaris DPRD  Palangka Raya, Sitti Masmah mengatakan, pelantikan anggota DPRD Palangka Raya hasil Pemilu 2019 baru bisa dilantik jika sudah menerima keputusan dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Palangka Raya.

“Sampai saat ini, kami memang belum menerima hasil penetapan dari KPU, namun sesuai priode masa jabatan anggota dewan sebelumnya, tetap akan berakhir 14 Agustus,” kata Masmah kepada Kalteng Ekspres.com di ruang kerjanya, Senin (1/7/2019).

Sekretariat DPRD Palangka Raya ini menjelaskan, bahwa pihaknya sudah siap melaksanakan pelantikan anggota dewan terpilih, karena anggaran pelantikan pun sudah disiapkan dalam APBD 2019.

Saat ini lanjut dia, Sekretariat DPRD  terus berkoordinasi dengan Pemerintah Kota Palangka Raya terkait pelantikan, karena nantinya surat penetapan dari KPU akan disampaikan ke Pemko dan selanjutnya diteruskan ke sekretriat DPRD.

Masmah menambahkan, selain terkait kesiapan pelantikan anggota DPRD Palangka Raya terpilih, Sekretariat DPRD Palangka Raya, telah menyiapkan dana untuk memberikan pesangon bagi mantan wakil rakyat.

“Besaran nilai pesangon diberikan sejalan dengan  masa jabatan dan pengabdian. Bagi yang menjabat lima tahun dapat enam kali uang representasi sebesar Rp1,575,000 atau Rp9,450,000,” bebernya.

Namun dari 17 anggota dewan yang mengakhiri masa jabatannya itu ada yang masa priodenya tidak sampai lima tahun, karena mereka menjabat melalui pergantian antar waktu (PAW), jelasnya.

Baca Juga :  DPRD Kota Dorong Pemko Realisasikan Program AUTS Bagi Peternak

“Jadi uang pengabdian yang akan diterima bervariasi, ini sebagai bentuk  ungkapan terima kasih atas pengabdian mereka,” tuturnya.

Selebihnya, Masmah berharap dengan uang pengabdian tersebut bisa dimanfaatkan oleh para mantan anggota dewan untuk keperluan pribadi bersama keluarganya. (ed)