Tanggulangi Banjir, Dinas PUPR Kobar Bakal Normalisasi Kawasan

Kabid Sumber Daya Pengairan DPUPR Kobar Erdy Setiawan saat memberikan keterangan kepada awak media, Sabtu (15/6).

PANGKALAN BUN, KaltengEkspres.com  –  Guna mengatasi banjir yang selalu terjadi di Kecamatan Pangkalan Banteng, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Kotawaringin Barat bakal melakukan normalisasi sejumlah kawasan daerah setempat. Kegiatan ini bakal melibatkan enam perusahaan.

Plt Kepala Dinas PUPR Juni Gultom melalui Kabid Sumber Daya Pengairan Erdy Setiawan mengatakan, bahawa saat ini rencana tersebut masih dalam tahap pembahasan tetapi ke enam perusahaan tersebut telah siap mengatasi banjir melalui dana CSR perusahannya masing-masing.

” Baru ada tiga kali pertemuan dengan pihak perusahaan yang membahas masalah banjir di Kecamatan Pangkalan Banteng dengan mengerjakan nornalisasi dan pembuatan embung, dimana Pemkab Kobar akan melibatkan perusahaan melalui dana CSR nya,” kata Erdy Sabtu (15/6/2019).

Ia menjelaskan, rencana tersebut diusahakan terealisasi melalui Groudbreeking tinggal menunggu kesepakatan antara masyarakat dan Camat Pangkalan Banteng. Karena dalam mengatasi masalah banjir harus ada sinkronisasi antara Pemkab kobar, Masyarakat dan pihak perusahaan.

“fokus pengerjaan untuk mengatasi banjir di Kecamatan Pangkalan Banteng menormalisasi semua sungai yang bermuara di sungai hijau seperti sungai Pakit dan sungai kuning, selain normalisasi juga membuat embung, mengingat anggarannya sangat besar dan dana APBD terbatas maka kami melibatkan pihak ketiga, “ujarnya. (yus)